Upaya Membangun Buku Pintar Dalam Skala Raksasa

 Upaya Membangun Buku Pintar Dalam Skala Raksasa
Ilustrasi/orgwide.com
Di dunia kepenulisan, ada kalimat terkenal, “Kalau kau ingin membaca suatu buku, namun belum ada yang menulisnya, maka kaulah yang harus menulisnya.”

Situs Belajar Sampai Mati adalah pengejawantahan saya terhadap kalimat itu. Saya ingin menemukan situs seperti Belajar Sampai Mati. Tetapi, sampai bertahun-tahun, situs semacam itu tidak pernah saya temukan, karena memang tidak ada yang membuat. Maka saya pun membuatnya—sebuah situs yang benar-benar tepat seperti yang saya pikirkan!

Latar belakang pikiran saya, sekaligus tujuan dan misi saya membangun situs ini, sebenarnya sederhana. Yaitu memudahkan orang untuk belajar!

Internet adalah tempat luar biasa luas, dan di dalamnya terdapat aneka pengetahuan yang bisa dicari serta ditemukan siapa pun. Dalam upaya pencarian tersebut, pengguna internet menggunakan mesin pencari, di antaranya Google atau Bing. Mereka memasukkan kata kunci tertentu ke mesin pencari, lalu mesin pencari menampilkan daftar situs relevan yang bisa dikunjungi.

Sekilas, proses itu tampak tidak bermasalah. Tapi sebenarnya menyimpan masalah!

Saya sering memasukkan kata kunci di mesin pencari untuk menemukan berbagai informasi yang saya perlukan. Sering kali, yang saya butuhkan adalah deskripsi lengkap namun padat, enak dibaca dan tidak bertele-tele—intinya, langsung menjawab pertanyaan di kepala. Dalam hal itu, saya sering mengalami masalah.

Wikipedia, sebagai contoh, adalah situs yang kerap menempati posisi pertama di mesin pencari Google. Sebagai situs ensiklopedia, Wikipedia jelas sangat lengkap, meski banyak pula halaman Wikipedia yang hanya menampilkan artikel-belum-selesai, alias baru menulis judul. Susahnya, Google tak peduli dengan hal itu, dan tetap menempatkan Wikipedia di peringkat teratas.

Jika saya mengklik Wikipedia—yang muncul di halaman pencarian Google—saya sering terbentur pada dua hal itu. Pertama, saya mendapati artikel yang terlalu panjang (karena memang sangat lengkap); atau kedua, saya mendapati artikel yang baru ditulis dan butuh pengembangan. Secara pribadi, sangat jarang saya menemukan artikel Wikipedia yang benar-benar langsung menjawab pertanyaan di kepala saya.

Dalam pikiran saya (sebagai pencari informasi di belantara luas internet), saya hanya ingin “mendapatkan informasi yang jelas dan ringkas, dan secara langsung menjawab pertanyaan di kepala”—tanpa bertele-tele, tanpa panjang lebar, karena saya (dan tentu para pengguna internet lain) tidak punya banyak waktu!

Inilah masalah yang sering saya hadapi/alami di internet, khususnya ketika mencari “informasi instan”. Saya sengaja menggunakan contoh Wikipedia, karena kita sepakat bahwa Wikipedia adalah situs terbaik bahkan terlengkap dalam hal penyebaran ilmu pengetahuan. Karenanya, jika Wikipedia saja tidak mampu memuaskan saya, apalagi situs-situs lain?

Dari kenyataan semacam itulah, saya lalu terpikir untuk membuat situs sendiri—setepat yang saya inginkan, seperti yang saya bayangkan—dan situs inilah hasilnya. Jika Wikipedia adalah situs ensiklopedia, Belajar Sampai Mati adalah situs dengan format buku pintar; padat, ringkas, dan langsung menjawab pertanyaan.

Wikipedia memiliki misi besar; “mengumpulkan semua pengetahuan di dunia”. Dalam hal ini, saya punya impian yang lebih sederhana; “mengumpulkan semua pengetahuan yang ada di kepala saya”, dan menulis serta menyusunnya secara sistematis, layaknya buku pintar. Lewat situs ini, saya punya visi untuk membangun buku pintar dalam skala raksasa.

Kini, saya telah memulainya. Sambil jalan, saya akan terus mengembangkan situs ini, sekuat saya bisa, sebaik saya mampu, dan semoga yang saya lakukan bisa memberi manfaat untuk orang-orang seperti saya... yang tentu banyak, di luar sana.

Related

Hoeda's Note 3947416140143166947

Posting Komentar

  1. mencari di internet, sekarang kalo tidak ketemu "jargon"-nya ya "nama orang"-nya baru bisa nemu jawabannya.

    Mantap!!
    Referensinya kalo bisa dimasukkan juga di artikel mas,

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item