Kota-Kota apa saja yang Paling Besar di Dunia?

Kota-Kota apa saja yang Paling Besar di Dunia?
Ilustrasi/wired.com
Sebutan “kota besar” sebenarnya tidak hanya didasarkan pada luas wilayah atau jumlah penduduk suatu kota, namun juga dilihat dari kelengkapan infrastruktur, fasilitas publik, sistem transportasi, dan lain-lain.

Karenanya, bisa jadi ada kota yang secara wilayah sangat luas, tapi tidak disebut kota besar, karena hanya memiliki sedikit infrastruktur.

Secara umum, suatu kota mendapat predikat sebagai kota besar jika menjadi pusat segala kegiatan suatu negara; pusat pemerintahan, pusat perekonomian, pusat perdagangan, heterogenitas penduduk, serta simbol kehidupan modern (yang diperlihatkan melalui infrastruktur dan layanan publik di kota tersebut). Terkait kota besar, berikut ini sepuluh kota yang dianggap terbesar di dunia.

Osaka, Jepang

Di Jepang, Osaka adalah salah satu kota besar dan metropolitan, yang dihuni oleh sekitar 18 juta orang. Kota ini sangat padat, dan menjadi pusat perekonomian serta perindustrian.

Ada berbagai aktivitas perdagangan, jasa, manufaktur, dan lain-lain, yang beroperasi di kota ini. Osaka juga menjadi markas perusahaan-perusahaan besar Jepang, seperti Panasonic, Sharp, Sanyo, dan lain-lain.

Osaka juga merupakan kota modern, dengan fasilitas transportasi yang baik, cepat, sekaligus nyaman. Di sana terdapat beragam sarana transportasi, seperti Shinkansen, subway, dan kereta api. Dalam bidang pendidikan, Osaka memiliki sekitar 10 universitas.

Los Angeles, Amerika Serikat

Los Angeles masuk ke dalam wilayah negara bagian California. Di Amerika Serikat, Los Angeles adalah salah satu kota terbesar dengan penduduk multikultural. Populasi yang mendiami Los Angeles mencapai 17,8 juta jiwa.

Los Angeles menjadi pusat dunia bisnis, fashion, pendidikan, teknologi, hiburan, dan lain-lain. Los Angeles juga menjadi rumah bagi industri film Hollywood, gedung The Academy Awards, hingga Walt Disney Concert Hall. Sementara UCLA, salah satu universitas terbesar di California, terletak di Los Angeles.

Seperti umumnya kota besar, Los Angeles memiliki fasilitas umum yang lengkap, meliputi bus hingga kereta bawah tanah yang modern. Selain memiliki bandara internasional, Los Angeles juga memiliki pelabuhan. Semua itu benar-benar menjadikan Los Angeles sebagai kota besar sekaligus mesin pencetak uang.

Shanghai, Cina

Cina adalah negara berkembang yang memiliki pertumuhan ekonomi sangat pesat. Di kawasan Asia, kemajuan Cina dalam bidang ekonomi bahkan telah melampaui Jepang. Seiring kemajuan yang dialami negara, kota-kota di Cina juga ikut tumbuh dan berkembang, salah satunya Shanghai.

Kota ini telah menjadi kota terbesar di Cina, dengan populasi mencapai 19 juta jiwa. Karena letaknya yang strategis, di delta Sungai Yangtze, Shanghai pun dipersiapkan menjadi pusat komersial dan keuangan global, serta pusat pelayaran internasional.

Selain dalam hal ekonomi, Shanghai juga baik dalam bidang pendidikan. Kota ini memiliki salah satu sistem pendidikan yang paling maju di Cina. Sementara sistem transportasi di Shanghai juga sangat maju sekaligus nyaman. Shanghai memiliki metro, bus, serta Maglev (kereta api kebanggaan warga Cina, khususnya Shanghai).

Delhi, India

Sejak abad ke-6 SM, Delhi telah menjadi pemukiman penduduk yang padat. Hal itu disebabkan karena letak Delhi yang sangat strategis, yaitu di tepi Sungai Yamuna. Kini, Delhi telah menjadi salah satu kota terbesar, di India maupun di dunia, dengan populasi mencapai 18,1 juta jiwa.

Karena pengaruh migrasi, Delhi pun tumbuh sebagai kota metropolitan yang multikultural. Kota ini menjadi pusat politik, budaya, hingga komersial. Dalam bidang transportasi, Delhi sangat memadai, karena memiliki Metro Delhi, bandara internasional, hingga transportasi tradisional seperti becak yang masih tersedia di sana.

Bombay, India

Selain Delhi, kota lain di India yang juga terkenal sebagai kota besar adalah Bombay. Sejak abad ke-18, Bombay telah berkembang pesat sebagai kota perdagangan. Hal itu disebabkan karena banyaknya imigran yang berdatangan ke sana, baik dari India maupun dari luar India. Saat ini, Bombay dihuni sekitar 14 juta jiwa, dan menjadi kota terkaya di India.

Bombay memiliki sistem transportasi yang baik, di antaranya Mumbay Suburban Railway. Di kota ini juga terdapat kantor lembaga-lembaga penting, seperti lembaga nuklir India (BARC), dan lain-lain. Sementara industri perfilman India, Bollywood, juga bermarkas di Bombay.

Sao Paulo, Brasil

Dengan luas wilayah sekitar 1.523 kilometer persegi, dan penduduk lebih dari 19 juta jiwa, Sao Paulo adalah kota terbesar di Brasil. Selain luas wilayah dan padatnya populasi, Sau Paulo juga memiliki banyak bangunan penting, semisal Museum Paulista, MASP, Pusat Bisnis PBB, dan lain-lain.

Sejak sistem perbudakan dihapus pada tahun 1888, penduduk Brasil, khususnya Sao Paulo, kian beragam. Karenanya, kini penduduk di Sao Paulo memiliki banyak etnis, ras, dan agama.

Penduduk yang memiliki latar belakang ras dan etnis berbeda itu sering bersama-sama mengadakan berbagai karnaval, termasuk parade karnaval terbesar di dunia.

New York, Amerika Serikat

Kota ini mendapat banyak julukan, di antaranya The Big Apple, The City That Never Sleeps, Center of The Universe, dan lainnya.

Dihuni oleh sekitar 19,1 juta jiwa, New York adalah kota besar dengan banyak landmark ikonik, seperti Patung Liberty, Times Square, Teater Broadway, Wall Street, Manhattan Chinatown, Markas Besar PBB, hingga Columbia University dan New York University. Karenanya, dari hal-hal terkait wisata, bisnis, hiburan, sampai pendidikan, semua ada di sini.

Selain itu, New York adalah pusat berbagai macam media, mulai dari televisi hingga koran. Media yang terkenal di New York di antaranya The New York Times dan The Wall Street Journal. Sementara jaringan televisi HBO, MTV, NBC, ABC, juga berkantor pusat di New York.

Seoul, Korea Selatan

Dihuni oleh sekitar 24 juta jiwa, Seoul adalah kota besar di Korea Selatan yang menjadi pusat ekonomi, pemerintahan, sekaligus budaya. Seoul juga memiliki ragam landmark terkenal semisal Moonlight Rainbow Fountain, Gangnam, Samsung Tower Palace, dan lain-lain.

Korea Selatan telah menjadi salah satu negara yang kuat secara ekonomi, dan hal itu berpusat di Seoul. Karenanya tidak heran jika Seoul menjadi markas perusahaan-perusahaan terkenal semacam Samsung, LG, Hyundai, Kia, dan lain-lain.

Infrastruktur teknologi di Seoul juga sangat modern dan mengagumkan, dengan akses internet yang disebut paling cepat di dunia. Sementara sistem transportasinya ditunjang dengan Metro seoul juga Korail Metro 9, yang mengangkut 8 juta penumpang setiap hari.

Mexico City, Meksiko

Sebagai salah satu kota besar di dunia, Mexico City dihuni sekitar 21 juta jiwa. Kota itu juga menjadi pusat pemerintahan, keuangan, dan budaya. Di sana terdapat berbagai landmark yang banyak mengundang wisatawan, di antaranya Reforma Avenue, The National Palace of Mexico, Aeroméxico Building, Mexicana de Aviación Tower, dan lain-lain.

Selain wisatawan, banyak ekspatriat yang tinggal di Mexico City. Mereka berasal dari Uruguay, Brasil, Venezuela, Italia, Prancis, Cina, Korea Selatan, dan lain-lain.

Sebagai kota besar yang sibuk, Mexico City memiliki sistem transportasi yang memadai. Bandara internasional Mexico City bahkan menjadi bandara tersibuk dan terbesar di Amerika Utara.

Dalam hal pendidikan, di sana terdapat National Autonomous University of Mexico (UNAM), perguruan tinggi yang telah dibangun pada tahun 1551. Sementara pusat perbelanjaan di Mexico City mencapai ratusan, meliputi mal, pasar ritel, departement store, dan lain-lain.

Tokyo, Jepang

Selain menjadi ibu kota Jepang, Tokyo juga menjadi kota besar dengan populasi mencapai 32 juta jiwa. Bersama New York City dan London, Tokyo adalah salah satu pusat komando ekonomi dunia. Karena memiliki masyarakat yang berkarakter pekerja keras, Tokyo sejak lama berkembang sangat pesat.

Seperti umumnya kota besar lain, Tokyo juga memiliki landmark terkenal, seperti Nishi-Shinjuku, Tokyo Tower, Rainbow Bridge, Shibuya, dan lain-lain.

Di sana juga tersedia sistem transportasi yang canggih, termasuk kereta api supercepat. Sementara dalam bidang hiburan, Tokyo kini juga terkenal sebagai pusat pembuatan film animasi, manga, dan komik web.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 4895802717988100921

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item