Kapan Disneyland Dibuka Pertama kali?

Kapan Disneyland Dibuka Pertama kali? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Taman hiburan Disneyland yang dibangun Walt Disney dibuka secara resmi dibuka pertama kali pada 17 Juli 1955 di Anaheim, California, AS, dan merupakan taman rekreasi terbesar pertama di dunia. Disneyland juga menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi di seluruh dunia.

Ide pembuatan Disneyland berawal dari Walt Disney dan kakaknya, Roy Disney, ketika membawa anak-anak mereka, Diane dan Sharon, berjalan-jalan melihat karnaval atau sirkus. Pada waktu itu karnaval dan sirkus sering berpindah-pindah, dan memiliki atraksi yang kadang tidak layak ditonton anak-anak. Walt Disney ingin membuat taman bermain untuk keluarga yang permanen, juga tanpa efek negatif.

Semula, Walt Disney berencana membangun tempat rekreasi tersebut di dekat studionya, yang memungkinkan pengunjung dapat mengambil foto bersama patung tokoh Disney favorit mereka. Ide itu lalu berkembang menjadi lebih besar.

Berdasarkan penelitian dari Institut Riset Stanford, taman rekreasi yang diimpikan Disney memiliki potensi besar untuk berkembang. Karenanya, kemudian, Walt Disney pun melebarkan idenya hingga menjadi taman rekreasi dalam ukuran raksasa.

Untuk mewujudkan ide tersebut, Walt Disney membeli 730.000 meter persegi lahan di Anaheim, California, daerah selatan Los Angeles. Pada 18 Juli 1954, kontruksi pembangunan taman rekreasi itu dimulai, bersamaan dengan pembangunan jalan Route 101 untuk mengantisipasi pertambahan arus lalu lintas yang akan datang ke Disneyland, juga dua jalan lainnya.

Satu tahun kemudian, pada 17 Juli 1955, Disneyland resmi dibuka. Pada hari kedua pembukaannya, pengunjung yang datang luar biasa banyak, bahkan sudah mengantri sejak jam 2 pagi.

Sebagai ucapan terima kasih pada mereka, Walt Disney menghadiahkan tiga tiket gratis masuk Disneyland seumur hidup, bagi tiga orang pertama yang masuk ke Disneyland hari itu. Tiga pengunjung yang beruntung itu adalah David MacPherson, Michael Schwartner, dan Christine Vess.

Popularitas Disneyland yang luar biasa kemudian membuat Walt Disney melebarkan sayap dengan membangun taman-taman serupa di beberapa tempat, seperti Afrika, Tokyo, Orlando, dan Paris.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 4051413606798338898

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item