Mungkinkah Ada Cowok yang Takut Cewek Cantik?

Mungkinkah Ada Cowok yang Takut Cewek Cantik? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/gumtreefoum.info
Mr. Lurio, jangan pernah percaya pada wanita cantik,
khususnya lagi yang menyukaimu.
Magneto, dalam X-Men II


Kedengarannya mungkin aneh, tapi cukup banyak cowok normal yang takut pada cewek cantik. Sebagian ketakutan itu bisa karena “tidak pede”, bisa juga karena masalah atau gangguan psikologis. Problem “tidak pede” tidak perlu dijelaskan, karena bisa dibilang hal yang lumrah. Ilustrasi mudahnya, tidak setiap cowok berani mengajak kenalan Ira Koesno yang cantik, pintar, dan terkenal itu.

Tapi itu lumrah. Yang tidak lumrah adalah cowok yang memang takut pada cewek cantik karena gangguan psikologis. Ada fobia yang disebut caligynephobia (kadang juga disebut venustraphobia), yaitu fobia terhadap cewek cantik. Cowok pengidap fobia ini akan selalu menjauh dari cewek cantik—bukan karena tidak pede, tapi karena benar-benar takut.

Fobia adalah salah satu gangguan mental paling umum, yang mempengaruhi lebih dari 11 persen cowok maupun cewek di dunia. Sebagaimana ketakutan atau fobia lainnya, caligynephobia diciptakan oleh pikiran bawah sadar sebagai mekanisme perlindungan. Munculnya fobia itu biasanya disebabkan karena peristiwa masa lalu yang menghubungkan cewek cantik dengan trauma emosional.

Fobia cewek cantik juga bisa dipicu oleh berbagai peristiwa selain trauma pribadi, semisal kejadian di film dan televisi, atau melihat pengalaman buruk orang lain yang berhubungan dengan wanita cantik. Bagi pengidap caligynephobia, cewek cantik adalah makhluk yang sangat berbahaya. Mereka bisa panik dan lari menjauh jika bertemu cewek cantik.

Gejala lain yang dialami penderita caligynephobia ketika melihat cewek cantik adalah sesak napas—napas menjadi cepat dan pendek—detak jantung tidak teratur, berkeringat dingin, mual, dan ketakutan secara menyeluruh. Susahnya, gejala itu terjadi, baik melihat cewek cantik secara langsung ataupun tidak langsung (di televisi, foto, atau media lainnya).

Meski gejala-gejala yang timbul dapat berbeda di antara sesama penderita caligynephobia, namun efeknya sama, yaitu membuat penderita tidak dapat berkonsentrasi, dan kinerjanya menurun jika berada di dekat cewek cantik.

Di antara penderita yang teridentifikasi, sebanyak 6 persen mengaku mengalami masalah yang cukup serius menyangkut fobianya tersebut, namun sayangnya sampai saat ini belum ada obat yang dikembangkan secara khusus untuk mengobati atau mengatasi fobia yang aneh itu.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 1142392475625344941

Posting Komentar

  1. wew ada ya phobia ky gt..
    ckkckk,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau cewek ada yang gitu gak, kalau lihat cowok ganteng?

      Hapus
  2. Ketemu CeWe cantik itu agak biasa.
    Tapi kalo ketemu CeWe tembem, entah kenapa jadinya gak biasa >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lhah, kok bisa? Memangnya gimana kalau ketemu cewek tembem? :)

      Hapus
  3. Kalo aq mah ketemu cewek cantik selalu PD
    *Contohnya kalo saya ketemu sama "NabilahJKT48"
    Aq mau tanya gini "Nab,nomor pin'mu berapa..?"

    Hahaha...:D

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item