Kapan eBay Melakukan Lelang Pertama?

Kapan eBay Melakukan Lelang Pertama? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Lelang pertama di eBay terjadi pada 3 September 1995, dan barang yang dilelang adalah sebuah tongkat laser yang rusak, dan terjual dengan harga 14,83 dollar AS. Tongkat laser itu dibeli oleh seseorang yang—berdasarkan emailnya kepada eBay—mengoleksi tongkat laser yang rusak.

Situs eBay didirikan pada 1995 oleh Pierre Omidyar, seorang programmer Prancis kelahiran Iran. Awalnya, situs itu dimiliki oleh Echo Bay Technology Group, firma konsultasi Omidyar. Omidyar telah mencoba mendaftarkan nama domain EchoBay.com namun nama itu telah dimiliki orang lain, jadi dia memendekkan namanya menjadi eBay.com. Perusahaan eBay bermarkas di San Jose, California.

Semula, eBay menawarkan servisnya secara gratis. Setelah penggunanya semakin banyak, eBay mulai menarik bayaran untuk listing fee.

Pegawai pertama di eBay adalah Chris Agarpao. Sedangkan presiden pertama perusahaan tersebut adalah Jeffrey Skoll. Pada November 1996, eBay mencapai persetujuan lisensi pertama, yaitu dengan Perusahaan Perjalanan Pelelangan Elektronik yang berkerja sama dengan SmartMarket Technology, untuk menjual tiket pesawat dan produk-produk perjalanan lainnya.

eBay menjadi perusahaan publik pada 21 September 1998, dan kemudian perusahaan tersebut dibeli oleh PayPal pada 14 Oktober 2002.

Pada saat ini, eBay menjadi situs jual-beli paling besar sekaligus paling populer. Situs ini tidak hanya diikuti oleh perorangan, namun juga digunakan berbagai perusahaan, baik kecil maupun besar.

Selama bertahun-tahun menyelenggarakan transaksi, aneka macam barang telah melewati situs ini, dan eBay—diakui atau tidak—telah mengubah cara kita dalam melakukan jual-beli. Ebay membawa e-commerce ke semua orang di seluruh dunia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Peristiwa 4979096190405709891

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item