Ukuran 1 Kaki itu Berapa Meter?

Ukuran 1 Kaki itu Berapa Meter?
Ilustrasi/ginersnow.com
Di Inggris dan Amerika, ukuran “kaki” (feet—biasa disingkat ft) memang lebih sering digunakan dibanding “meter”, dan kita pun mungkin sudah sering mendengar atau membaca kalimat, “kedalaman 2.000 kaki” atau “ketinggian 4.000 kaki”. Nah, berapa meter atau berapa sentimeter sebenarnya 1 kaki itu?

Secara tepat, 1 kaki (ft) adalah 30,48 sentimeter. Namun, ukuran tersebut biasa dibulatkan menjadi 30 sentimeter untuk memudahkan penghitungan. Jika dalam ukuran inci, 1 kaki sama dengan 12 inci, sementara 1 inci sama dengan 2,5 sentimeter.

Jadi, kalau ada ucapan atau tulisan yang menyebutkan “tinggi gedung itu 3.000 kaki”, maka penghitungan mudahnya adalah dengan mengalikan 3.000 (kaki) dengan 30 (sentimeter). Maka hasilnya adalah 90.000 sentimeter atau 900 meter.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 4498132128893521430

Posting Komentar

  1. udah resmi gak dibuletkan menjadi 30 cm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya sih belum resmi, cuma sekadar untuk memudahkan orang menghitungnya aja.

      Hapus
    2. kalau 75 feet itu brapa kilometer gan

      Hapus
    3. Seprapat kilometer kurang sprapat meter bro...

      Hapus
  2. thanks, bermanfaat ni :)

    BalasHapus
  3. Nice info...

    salam hangat

    BalasHapus
  4. 20m=2000cm
    2000cm=787,40 inci=65,61675 kaki
    benar pa tidak tolong djawab msh bingung saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar. Atau bisa dibulatkan menjadi 65 kaki.

      Hapus
  5. Balasan
    1. Benar. Tapi yang dibahas di sini bukan inci, tapi kaki (feet).

      Hapus
    2. Mohon dijelaskan 1 inc = 2,5 atau 2,54

      Hapus
  6. apa ga salah 3000 kaki = 900 meter?? Bukannya 3000:30=90 meter?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan di bagi om tapi di kali 1 kaki = 30 cm
      1000 kaki = 30.000 = 300 meter x 3= 900 meter
      ukuran sebenarnya 3000x30,48 = 914,4 meter kalo main bulat kan korupsi 14,4 meter berapa duit itu kalo gedung bangunnya.... wkwkwkwk

      Hapus
  7. ooo, terima kasih atas ilmu nya ya mas, salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga telah ikut belajar di sini. Salam kenal balik.

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Kaki atau feet konon adalah satuan panjang yg berasal dari Sumeria kuno. Satuan panjang non-SI ini umum digunakan di Inggris dan Amerika Serikat. 1 kaki/feet itu sekitar sepertiga meter atau tepatnya 0,3048 meter. 1 kaki/feet juga sama dengan 12 inci. 3 kaki/feet sama dengan 1 yard. Simbol internasional untuk satuan kaki/feet adalah ft.
    salam kenal
    kunjungi blog ane http://ransadarant.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas tambahannya. Salam kenal juga.

      Hapus
  10. thanks sobat..sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  11. thx mas bro,,,sgt bermamfaat,,,slm kenal

    Z..

    BalasHapus
  12. Terima kasih atas ilmunya..bermanfaat buat saya..mdh2an semua yg d sini sukses..sy jg ingn tmbhn sperti kecpatn kapal,pesawat n lainy yg blum sy ketahui ....suksesssssssss

    BalasHapus
  13. Trima kasih..sngt bermanfaat buat saya..sngt senang jika ada tmbhn yg lainy....slm knl...

    BalasHapus
  14. Thanks for this info ,I'm really appreciate it ,because I need to know this measurement now :)

    BalasHapus
  15. ooh jadi gampangnya 1 kaki itu seukuran penggaris 30cm ya :3

    BalasHapus
  16. gan trs maksudnya tanda ' apa? biasanya kn ada 6'2 feet dsb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanda ' merujuk ukuran yang lebih kecil. Dalam ukuran kaki, ukuran yang lebih kecil biasanya merujuk pada inci. Contoh, 6'2 feet, artinya 6 kaki 2 inci.

      Hapus
  17. jarak kok dibuat rumit ???? udh tersedia dgn simple n paten inci,cm,m,km

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada masyarakat Eropa dan Amerika, ukuran kaki atau feet lebih terkenal dan lebih banyak digunakan daripada inci, cm, m, atau km sebagaimana di Indonesia.

      Hapus
  18. Terimakasih atas ilmunya, sangat membantu saya, salam kenal.. :)

    BalasHapus
  19. Mo nanya nih klo 1 m2 = ....m, ada tanah seluas 400m2, tiap 1m hrganya 500ribu nah brp hrgay klo 400m2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika meter×meter=meter²
      Maka 1m²=1m×1m
      Jika tanah luasnya 400m² maka √400 = 20m
      Jadi 20 x 500rb = 10 jt.
      Tapi itu soalnya aneh... Dijual 1m = 500rb harusnya 1m² = 500rb.
      Soalnya 1m itu kan garis bukan luas

      Hapus
  20. Makasih om atas ilmunya,, sangat bermanfaat sekalai

    BalasHapus
  21. kalau 5 kaki 2 inci berapa meter ye?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 kaki = 30.48
      5 x 30.48 = 150.96 cm

      1 inci = 30.48/12 = 2.54
      2 x 2.54 = 5.08

      jadi 5 kaki 2 inci = 150.96 + 5.08 = 161.4 cm

      Hapus
  22. thank u so much,, sangt membantu,guys

    BalasHapus
  23. 700mm persamaan brapa kaki ya om

    BalasHapus
  24. ok.. makasih gan.. bermanfaat skali

    BalasHapus
  25. Kalo 77 kaki itu berapa ya?

    BalasHapus
  26. berapa lembar atap yg dibutuhkan jika panjang bangunan 3 x 6 M (tanpa kemiringan)
    Makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika 1 lembar atap 3x6 m juga...
      Berarti cukup 1 lembar atab yg di butuhkan...

      Hapus
  27. Itukan awalnya dari pengukuran yg dibuat gampang, misalnya di sini 1 depa, 1 langkah, atau 1 jengkal. Nah org Eropa Amerika biasa memakai ukuran kaki mereka utk menghitung jarak. Jadi panjang kaki mereka kalau dirata2 sekitar 30,45 cm. Maka sekalian dipatenkan dg ukuran sgitu jadi mereka bisa mengira2 jarak dg ukuran kaki mereka. Kira2 begitu lah. Hanya perbedaan kultur saja ini.

    BalasHapus

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item