Di Mana Lahirnya Bahasa Manusia?

Di Mana Lahirnya Bahasa Manusia? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Berdasarkan penelitian terbaru, bahasa manusia diperkirakan lahir di Afrika, karena di tempat itulah beragam bahasa manusia muncul. Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Quentin Atkinson tersebut menyajikan bukti-bukti kuat bahwa bahasa manusia berasal dari Gurun Sahara di Afrika.

Di tempat itu ia meneliti fonem pada 504 variasi bahasa yang ada di dunia saat ini, yang hasilnya diterbitkan di jurnal Science.

Dr. Quentin Atkinson mendapati sejumlah besar fonem ada di Afrika, dan jumlah itu menurun ketika jarak bertambah jauh dari Afrika. Hingga jumlah fonem paling kecil atau jarang, ditemukan Atkinson di Amerika Selatan dan pulau-pulau tropis di Pasifik.

Atkinson pun mencatat bahwa pola penyebaran fonem itu merupakan cerminan dari pola penyebaran berbagai gen manusia—aslinya bermula di Afrika, lalu semakin berkurang ketika bangsa-bangsa manusia tersebut mulai berekspansi menjajaki wilayah selain Afrika.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Profesor Russel Gray beserta timnya dari University of Auckland turut mendukung hal tersebut.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature itu menyebutkan bahwa—dengan metode komputasi yang diturunkan dari ilmu biologi—setiap bahasa memiliki kecenderungan berubah, tergantung budaya dan lingkungan, bukan akibat faktor pikiran.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 6635640396412014689

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item