Siapakah Winston Churchill?

Siapakah Winston Churchill? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Dilahirkan di Blenheim Palace di Woodstock, Oxfordshire, Inggris, 30 November 1874, Sir Winston Leonard Spencer Churchill adalah mantan perdana menteri Inggris yang paling terkenal di dunia, karena pengaruhnya selama Perang Dunia II. Tokoh yang dijuluki “The Greatest Living Englishman” ini juga seorang orator, diplomat, pakar strategi, politisi, pelukis, sekaligus penulis.

Sewaktu SD, Churchill bersekolah di Harrow, namun dianggap bodoh sehingga ditempatkan di kelas untuk murid yang tidak berprestasi. Churchill juga sering dihukum karena nilainya yang buruk, dan dianggap tidak berusaha belajar lebih baik.

Setelah lulus dengan prestasi yang dianggap tidak memuaskan, Churchill masuk akademi militer di Sandhurst. Pendidikan itu selesai ketika ia berumur 20 tahun, dan kemudian bergabung dengan tentara sebagai Subaltern (setingkat letnan) di regimen kavaleri Hussar IV (dengan nama regimen Queen’s Own). Regimen itu ditempatkan di Bengaluru, India.

Ketika terjadi pemberontakan Pathan di North West Frontier, India (sekarang merupakan daerah Pakistan), Churchill ikut berpartisipasi dalam perang untuk mengakhiri pemberontakan tersebut. Seiring dengan itu, ia juga mulai menulis artikel untuk surat kabar The Pioneer dan The Daily Telegraph.

Pada Oktober 1897, ia kembali ke Inggris, dan menulis buku pertamanya yang mengupas konflik di atas, dengan judul “The Story of Malakand Field Force”, yang diterbitkan pada bulan Desember 1897.

Ketika Perang Boer kedua pecah di Afrika Selatan pada 12 Oktober 1899, Churchill menjadi koresponden perang untuk koran Morning Post selama empat bulan. Setelah itu, di tahun yang sama, Churchill meninggalkan dinas militer dan memutuskan untuk menitis karir di parlemen.

Pada awal Perang Dunia II, Churchill dilantik sebagai First Lord of the Admiralty, dan pada bulan Mei 1940 ia dilantik sebagai Perdana Menteri Inggris. Ketika memperoleh jabatan tersebut, Churchill menyatakan, “Saya tidak mempunyai apa-apa untuk ditawarkan kecuali darah, kerja, air mata, dan keringat.”

Pada tahun 1953, Churchill dianugerahi penghargaan Nobel di bidang sastra karena sumbangan yang ia berikan dalam buku-buku karangannya mengenai bahasa Inggris dan sejarah dunia. Ia meninggal dunia pada 24 Januari 1965 dalam usia 90 tahun, dan dimakamkan di Saint Martin’s Churchyard, Bladon, Woodstock, Inggris.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 4315282587068492762

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item