Siapakah Bobby Sands?

Siapakah Bobby Sands? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/anfenglishmobile.com
Bobby Sands adalah seorang pejuang kemerdekaan Irlandia. Dilahirkan pada tahun 1945, Bobby Sands hidup bersama orangtuanya di tempat penampungan. Sepanjang hidupnya, Sands dan keluarganya banyak mendapat tekanan dan intimidasi dari kelompok pro-Inggris, dan kondisi hidup yang berat itu membuat semangat nasionalismenya bangkit untuk memperjuangkan kemerdekaan Irlandia.

Pada usia 18 tahun, Bobby Sands bergabung dengan Gerakan Republik. Pada tahun 1972, ia ditahan dan dibebaskan empat tahun kemudian. Keluar dari penjara, ia kembali meneruskan perjuangannya, hingga kemudian kembali ditahan.

Selama dalam penjara, Sands mulai menulis artikel-artikel perjuangan yang dimuat di koran Republican News. Pada 27 Oktober 1980, menyusul macetnya perundingan antara penguasa Inggris dan pemimpin Katolik Irlandia, Sands dan tujuh tawanan lainnya memulai aksi mogok makan.

Selama 17 hari pertama masa mogok makan itu, Sands menulis buku harian secara rahasia yang berisi pemikiran dan pandangan perjuangannya. Setelah 65 hari mogok makan, Bobby Sands akhirnya meninggal dunia pada 4 Mei 1945.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 8528982952816150714

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item