Mengapa Penggunaan CFC Dilarang?

CFC, yang merupakan singkatan cloro fluoro carbon, adalah bahan kimia yang biasa digunakan sebagai media pendingin dan gas pendorong spray ...


CFC, yang merupakan singkatan cloro fluoro carbon, adalah bahan kimia yang biasa digunakan sebagai media pendingin dan gas pendorong spray aerosol. CFC dipermasalahkan, karena memberikan ancaman terhadap lapisan ozon.

Ketika dilepas ke atmosfer, zat CFC yang mengandung klorin tersebut akan dipecah oleh sinar Matahari, yang menyebabkan klorin dapat bereaksi dan manghancurkan molekul-molekul ozon. Masuknya CFC ke atmosfer menimbulkan proses reduksi-oksidasi (redoks) antara ozon dengan unsur-unsur halogen dari senyawa CFC dan yang sejenisnya.

Setiap satu molekul CFC mampu menghancurkan sampai 100.000 molekul ozon. Sedangkan senyawa halon (berasal dari unsur halogen) mampu merusak 10 kali lebih efektif. CFC menjadikan lapisan ozon semakin menipis, sehingga mudah tertembus sinar ultraviolet dari Matahari. Karena itulah, penggunaan CFC dalam aerosol pun dilarang di Amerika Serikat dan negara-negara lain di dunia.

Selain CFC, bahan-bahan kimia lain seperti bromin halokarbon, serta nitrogen oksida dari pupuk, juga dapat menyerang lapisan ozon.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Umum 361959551341319392

Posting Komentar

  1. aku mau tanya,Mengapa cloro fluoro carbon(cfc)dapat merusak ozon?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannya sudah ada dalam artikel di atas. Silakan baca lebih cermat.

      Hapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item