Mengapa Hewan Melakukan Migrasi?

Mengapa Hewan Melakukan Migrasi? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Migrasi adalah perpindahan kelompok hewan, terutama burung dan ikan. Perpindahan itu disebabkan kebutuhan untuk mencari makanan, atau karena perubahan iklim dalam setahun, atau juga karena kebutuhan untuk berkembang biak.

Setiap musim gugur, misalnya, burung layang-layang di Eropa bergabung dalam kelompok besar untuk beristirahat sebelum mereka memulai migrasi jauh ke Afrika.

Burung layang-layang, dan kerabatnya—swift dan martin—semuanya melakukan migrasi ke Afrika ketika cuaca menjadi terlalu dingin bagi mereka untuk menangkap serangga yang menjadi makanannya. Kelompok burung itu kembali ke Eropa pada musim semi, ketika cuaca di bagian utara mulai menghangat.

Dalam hal migrasi, burung tern Afrika diketahui melakukan migrasi paling panjang dari semua burung yang kita kenal.

Burung-burung itu berpindah dari Arktik ke Antartika, dan kemudian kembali lagi. Dalam perjalanannya, burung-burung itu melintasi Jepang, Alaska, Kanada, dan Fiji, sebelum pulang kembali untuk berkembang biak.

Selain burung, ikan di lautan juga melakukan migrasi di air tawar dan samudera, salah satunya ikan tuna. Ikan tuna melakukan migrasi yang sangat panjang, dan migrasi itu dilakukan karena temperatur laut. Ikan membutuhkan temperatur yang tepat untuk berkembang biak.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

__________________________

Catatan terkait:
Seberapa Jauh Leming Bermigrasi?
Hafal Kesukaan Pasangan dan Kepuasan Dalam Hubungan

Related

Sains 3308436506712757637

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

item