Mengapa Ada Noda Putih di Kuku Tangan?

 Mengapa Ada Noda Putih di Kuku Tangan?
Ilustrasi/linisehat.com
Kadang-kadang, di kuku jari tangan kita muncul noda putih, dan kita bingung mengapa noda putih itu bisa muncul. Di dunia medis, noda putih pada kuku semacam itu disebut leukonychia, dan penyebab yang paling umum adalah karena trauma ringan atau sedang yang terjadi pada kuku.

Kadang kondisi itu juga dikaitkan dengan kelebihan atau kekurangan kalsium atau vitamin tertentu, tapi itu tidak sepenuhnya benar.

Noda putih pada kuku lebih sering ditemukan di kuku jari tangan dibandingkan jari kaki. Kuku kita tumbuh sangat lambat. Karenanya, ketika mengalami trauma, efeknya yang berupa noda putih itu juga muncul cukup lama setelah waktu trauma.

Karenanya pula, kita pun sering tak ingat trauma apa yang menyebabkan munculnya noda tersebut. Noda putih yang tidak berbahaya itu umumnya muncul pada satu atau beberapa kuku.

Selain karena trauma pada kuku, noda putih semacam itu juga bisa menjadi tanda infeksi ringan atau alergi, atau efek samping pengobatan tertentu.

Apa pun penyebabnya, noda putih pada kuku tidak membutuhkan pertolongan atau perawatan tertentu, karena akan hilang sendiri bersamaan tumbuhnya kuku. Setelah hilang, noda itu tidak akan muncul lagi, kecuali kalau kuku kembali mengalami trauma.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 1637476240639414897

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item