Apa sih Giant Weta atau Belalang Raksasa itu?

 Apa sih Giant Weta atau Belalang Raksasa itu?
Ilustrasi/fineartamerica.com
Belalang raksasa atau Giant weta adalah belalang besar yang memiliki panjang tubuh hingga 10 sentimeter, belum termasuk panjang kaki dan antenanya, serta memiliki berat lebih dari 71 gram.

Dalam bahasa Latin, ia disebut Deinacrida heteracantha, yang berarti “belalang mengerikan”. Karena ukuran tubuhnya yang besar, belalang ini tidak bisa terbang, meski pintar melompat.

Hewan ini hidup di Selandia Baru, memiliki banyak kemiripan dengan belalang yang biasa kita temui, dan dianggap sebagai serangga terberat di dunia.

Giant weta terutama memakan tumbuhan, namun rahang mereka yang kuat dapat memberikan gigitan yang menyakitkan pada manusia, meski hal itu jarang terjadi. Mereka biasa hidup di bawah lantai batu, puing-puing, dan semak-semak.

Di dunia hewan, belalang ini kadang dianggap sebagai dinosaurusnya serangga. Banyak petani di Selandia Baru yang menangkap belalang ini untuk dijadikan bahan makanan. Selain rasanya yang dianggap enak, belalang ini juga dianggap hama karena kawanan belalang raksasa dapat menyantap berton-ton tanaman.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Hewan Darat 1645145337499226505

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item