Kapan Mouse Diperkenalkan ke Dunia?

Kapan Mouse Diperkenalkan ke Dunia?  Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/microsoft.com
Douglas Engelbart, ilmuwan Amerika, memperkenalkan peralatan komputer yang disebut mouse, pada tahun 1970. Mouse (tetikus) adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Disebut “Mouse”, karena bentuknya yang mirip tikus, dan kabelnya yang menjulur menyerupai ekor tikus.

Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963. Namun pada waktu itu bentuknya masih sangat sederhana, bahkan menggunakan bahan kayu. Pada tahun 1970, Engelbart memperkenalkan mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, dan mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator.

Setelah itu, pada awal 1970, Bill English di Xerox PARC melakukan pengembangan lebih lanjut dengan meletakkan bola di dalam mouse yang dapat berputar ke segala arah. Putaran bola tersebut dideteksi oleh roda-roda sensor di dalam mouse, dan pengembangan itu lalu melahirkan mouse tipe trackball.

Pengembangan selanjutnya menghadirkan mouse optikal yang dibuat pertama kali oleh Steve Kirsch dari Mouse Systems Corporation. Mouse tersebut menggunakan LED (Light Emitting Diode) dan Photo Diode untuk mendeteksi gerakan mouse. Mouse optikal awalnya hanya dapat digunakan pada alas (mousepad) khusus. Namun seiring perkembangan zaman, mouse sekarang ini dapat digunakan di semua permukaan yang padat dan rata.

Pada saat ini, mouse telah mengikuti desain Ecole Polytechnique Federale de Lausanne (EPFL) yang diinspirasikan oleh Profesor Jean-Daniel Nicoud, dan yang paling populer adalah mouse optikal, yang dianggap paling ringan, serta paling mudah dalam penggunaan dan perawatannya.

Mouse jenis mutakhir adalah mouse berteknologi laser, yang pertama kali diperkenalkan oleh Logitech, perusahaan mouse terkemuka, yang bekerja sama dengan Agilent Technologies pada tahun 2004, dengan nama Logitech MX 1000.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Teknologi 4070325841627635536

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item