Siapakah Charles de Gaulle?

Siapakah Charles de Gaulle?  Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/okezone.com
Charles André Joseph Marie de Gaulle lahir di Lille, 22 November 1890, dan dikenal dunia sebagai jenderal pemimpin militer serta negarawan Prancis. Selain itu, ia juga penulis, serta pernah menjabat sebagai presiden Prancis, yang dalam masa jabatannya menjadikan Prancis mampu memulihkan perekonomiannya yang hancur, serta menyelesaikan krisis Aljazair.

Pada waktu Perang Dunia II, Charles de Gaulle dikenal sebagai penyusun taktik tank, dan merupakan pendukung penggunaan kendaraan lapis baja serta pesawat tempur. Pada masa Perang Dunia II, ia memimpin kelompok pejuang Prancis Merdeka.

Pada tahun 1958, ia diminta masuk pemerintahan, dan kehadirannya menginspirasikan terbentuknya konstitusi baru. Ideologi politiknya dikenal sebagai Gaullisme, yang kemudian sangat berpengaruh dalam perkembangan politik Prancis.

Charles de Gaulle meninggal di Colombey-les-Deux-Églises, dalam usia 79 tahun. Namanya diabadikan sebagai nama salah satu bandar udara (Bandara Chales de Gaulle) di Roissy, yang menghubungkan kota Paris dengan kota-kota lainnya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 2934491374823375461

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item