Kapan Sudan Meraih Kemerdekaan?

Kapan Sudan Meraih Kemerdekaan? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Sudan meraih kemerdekaan pada 1 Januari 1956.

Setelah bertahun-tahun bersaing memperebutkan wilayah Sudan, Inggris dan Mesir menandatangani kesepakatan mengenai penguasaan bersama atas Sudan. Kesepakatan itu dibuat pada tahun 1899. Sejak perjanjian itu disepakati, Gubernur Jenderal Sudan dipilih oleh pemerintah Mesir, dengan persetujuan Inggris.

Perjanjian yang dibuat bersama antara Inggris dan Mesir tersebut dilakukan satu tahun setelah ditumpasnya perjuangan rakyat Sudan di bawah pimpinan Syaikh Muhammad bin Ahmad.

Sampai kemudian, pada pertengahan abad ke-20, rakyat Sudan kembali mengobarkan semangat perjuangan mereka atas penjajahan Mesir dan Inggris, hingga pada tahun 1956 mereka berhasil memperoleh kemerdekaan secara resmi.

Republik Sudan terletak di timur laut benua Afrika. Sudan merupakan negara terluas di Afrika dan di daerah Arab, serta terluas kesepuluh di dunia.

Negara ini berbatasan dengan Mesir di utara, Laut Merah di timur laut, Kongo dan Afrika Tengah di barat daya, Chad di barat, dan Libya di barat laut. Sungai Nil yang merupakan sungai terpanjang di dunia, memisahkan negara itu menjadi bagian selatan dan utara.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 9177003235834494769

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item