Siapakah Kim Il-sung?

Siapakah Kim Il-sung? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Dilahirkan pada 15 April 1912, Kim Il-sung adalah politikus komunis dari Korea yang merupakan pemimpin Korea Utara dari 1948 hingga hari kematiannya. Ia memegang posisi Perdana Menteri dari 1948 hingga 1972, dan Presiden sejak 1972, tetapi posisinya yang paling berpengaruh adalah ketika menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Pekerja Korea.

Selama menjadi presiden, ia mengisolasi negerinya setelah kalah perang dalam Perang Korea tahun 1950-1953.

Sejak masih belia, Kim Il-sung telah aktif dalam kegiatan komunis. Pendidikan SMA-nya bahkan terhenti karena ia dipenjara akibat keterlibatannya dengan organisasi komunis di daerahnya. Setelah itu, ia bergabung dengan kelompok gerilyawan komunis Cina di Manchuria, yang berjuang melawan Jepang.

Pada 1945, Kim kembali ke Korea bersama pasukan pendudukan Soviet. Oleh tentara Soviet, Kim diangkat sebagai Ketua Komite Perlengkapan Rakyat, kemudian diangkat lagi sebagai Ketua Partai Komunis.

Akhirnya, ketika Republik Demokratik Rakyat Korea atau Korea Utara didirikan pada September 1945, Kim terpilih sebagai perdana menteri. Pada waktu itu, dalam konstitusi Korea Utara tidak ada jabatan presiden, hanya ada kepala pemerintahan.

Pada 1972, melalui amandemen konstitusi, jabatan presiden dibentuk dan Kim Il-sung kemudian diangkat menjadi Presiden Korea Utara.

Ia memimpin negara tersebut hingga empat dekade kemudian. Di Korea Utara, Kim secara resmi disebut Great Leader. Hari ulang tahunnya bahkan dijadikan salah satu hari libur di Korea Utara. Ia meninggal dunia pada 8 Juli 1994. Setelah meninggal, posisi Kim digantikan putranya, Kim Jong-il.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 9175794207353483972

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item