Apa Browser Pertama di Dunia?

Apa Browser Pertama di Dunia? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Proyek “World Wide Web” yang dikerjakan oleh Timothy Berners-Lee pada 1990 tidak saja menandai munculnya situs web pertama di dunia, namun juga melahirkan web browser (penjelajah/peramban web) pertama di dunia.

Ketika Berners-Lee pertama kali mengenalkan web, dia sudah menggunakan browsernya sendiri, yang ia namai Nexus, namun masih sangat sederhana.

Sampai kemudian, pada 22 April 1993, Marc Andreessen melalui proyek National Center for Supercomputing Applications (NCSA), merilis browser yang lebih canggih, bernama Mosaic. Bowser tersebut mudah digunakan, dan sudah bisa memuat gambar. Karenanya, Mosaic pun segera populer, dan dianggap sebagai “browser pertama yang sebenarnya”.

Satu tahun setelah itu, pada 1994, Marc Andreessen keluar dari proyek NCSA, dan merilis browser baru bernama Netscape Navigator. Kehadiran Netscape kemudian menenggelamkan Mosaic, dan menjadi penguasa browser.

Setahun berikutnya, muncul Internet Explorer produksi Microsoft. Persaingan antara Netscape dan Internet Explorer pada periode 1995-1998 itu dikenal sebagai “Perang Browser”, dan perang itu kemudian dimenangkan oleh Internet Explorer.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Teknologi 2746282250282201805

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item