Kapan Lahirnya Web di Dunia Online?

Kapan Lahirnya Web di Dunia Online? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/kenvinwu.com
Timothy John Berners-Lee dan Robert Cailliau dari CERN Research Laboratorium di Genewa memperkenalkan web ke peradaban manusia, ketika mereka berkomunikasi dengan web server pertama di dunia. Itu merupakan momen paling bersejarah dalam perkembangan web hari ini, dan peristiwa penting itu terjadi pada 25 Desember 1990.

Pada mulanya, Berners-Lee mengembangkan sebuah sistem hypertext untuk mengawasi ratusan proyek, software, dan komputer, yang digunakan oleh departemen High Energy Physic di CERN. Setelah itu, ia bersama Robert Cailliau menciptakan konten web pertama, yaitu CERN Phone Directory.

Pada bulan Agustus tahun berikutnya, Berners-Lee mengumumkan kreasinya ke dunia (atau setidaknya kepada sebagian penduduk dunia yang terhubung ke alt.hypertext newsgroup). Situs web pertama yang dibuat Berners-Lee (dan karena itu juga merupakan situs web pertama di dunia) beralamat di http://info.cern.ch/.

Selanjutnya, untuk menampilkan situs web yang telah dibuatnya, Berners-Lee menggunakan komputer NeXTcube sebagai server web, yang menjadikan komputer seharga 6.500 dollar AS itu sebagai server web pertama di dunia.

Pada akhir 1992, sebanyak 50 web server telah terhubung, dan pada akhir 1994 angkanya terus bertambah hingga 2.500. Sebuah dunia baru pun telah tercipta. Pada tahun 1994 pula, Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology. Ia sengaja tidak mematenkan karyanya tersebut, sehingga saat ini kita dapat menggunakannya secara bebas. Atas jasa-jasanya itu, Berners-Lee dianugerahi gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II, pada 16 Juli 2004.

Pada saat ini, lebih dari 250 juta website terhubung dengan hyperlink, dan memiliki rasio pertumbuhan 5 persen setiap bulannya. Tidak ada aspek dari kehidupan kita sekarang yang belum tersentuh oleh web, dan komputer-internet telah menjadi bagian peradaban manusia zaman sekarang.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Teknologi 2882717503874593800

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item