Siapakah Gerhard Schröder?

Siapakah Gerhard Schröder? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/sputniknews.com
Gerhard Fritz Kurt Schröder lahir di Mossenberg, Niedersachsen, pada 7 April 1944, dan politisi yang menjadi anggota Partai Demokratik Sosial Jerman (Social Democratic Party of Germany—SPD).

Sebelum terjun ke dunia politik secara penuh, ia adalah seorang pengacara yang sukses. Ia juga pernah menjabat sebagai menteri-kepresidenan untuk wilayah negara Jerman di Lower-Saxony.

Gerhard Schröder hidup miskin dan menjadi anak yatim sejak kecil. Ibunya bekerja sebagai pembersih rumah guna menghidupi Schröder dan keempat adiknya. Setelah lulus sekolah menengah pertama pada umur 14 tahun, Schröder bekerja sebagai penjaga toko selama tiga tahun, kemudian bekerja di bidang konstruksi sebagai tenaga tak terampil.

Di sela-sela waktunya bekerja itu, Schröder bersekolah malam hingga mendapatkan ijazah untuk bisa masuk kuliah pada 1964. Ia mengambil jurusan hukum di Universitas Gottingen, dan lulus pada 1971. Lima tahun kemudian ia mulai membuka praktik sebagai pengacara.

Seiring dengan itu, ia juga mulai aktif di SPD (Partai Sosial Demokratik), dan perlahan-lahan karier politiknya naik. Dari anggota pimpinan SPD cabang Hannover, ia kemudian berhasil masuk parlemen Jerman, menjadi pemimpin oposisi di negara bagian Niedersachsen.

Setelah memenangkan pemilu pada 27 September 1998, Gerhard Schröder terpilih sebagai kanselir Jerman, menggantikan Helmut Kohl.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 3491672128670904007

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item