Siapakah HB. Jassin?

Siapakah HB. Jassin? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/kultural.id
Hans Bague Jassin, atau yang lebih dikenal dengan nama H.B. Jassin, adalah pengarang, penyunting, dan kritikus sastra ternama Indonesia. Ia lahir di Gorontalo, 13 Juli 1917.

H.B. Jassin mulai dikenal sebagai kritikus sastra setelah ia bekerja di badan penerbitan Balai Pustaka, tahun 1940. Setelah itu, H.B. Jassin menjadi redaktur dan kritikus sastra pada berbagai majalah budaya dan sastra di Indonesia, semisal Pandji Poestaka, Mimbar Indonesia, Zenith, Sastra, Bahasa dan Budaya, Horison, dan lain-lain.

Karena begitu besarnya pengaruh H.B. Jassin terhadap lingkungan sastra Indonesia, sehingga ia pun dijuluki “Paus Sastra Indonesia”.

Selama hidupnya, H.B. Jassin juga dikenal ahli dan sangat tekun mendokumentasikan perkembangan sastra Indonesia. Hasil jerih-payahnya tersebut sekarang dapat ditemukan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

H.B. Jassin meninggal dunia pada 11 Maret 2000 dalam usia 83 tahun. Ia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 1574792301934821568

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item