Apa yang Dimaksud Intifadah di Palestina?

Apa yang Dimaksud Intifadah di Palestina? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/palestinaupdate.com
Intifadah adalah istilah Islam yang berarti pemberontakan. Dalam konflik Israel-Palestina, Intifadah mencakup seluruh gerakan perlawanan untuk merebut kemerdekaan Palestina, mulai dari aksi lempar batu oleh anak-anak Palestina, peluncuran rudal dari organisasi rakyat Palestina, hingga aksi bom bunuh diri yang dilakukan para pemuda Palestina dalam melawan tentara Israel.

Kebangkitan Intifadah yang dimulai pada 9 Desember 1987 dilatarbelakangi oleh semakin kerasnya aksi teror dan represi Israel terhadap bangsa Palestina, oleh rasa tertindas dan kehilangan yang dirasakan para penduduk Palestina sejak peristiwa pengusiran paksa oleh tentara Yahudi setelah perang 6 hari, juga karena putusnya harapan bangsa Palestina atas bantuan dari negara-negara lain serta organisasi-organisasi yang ada di Palestina.

Gerakan Intifadah Palestina kemudian berakhir pada 1993 dengan ditandatanganinya Persetujuan Oslo dan pembentukan Otoritas Nasional Palestina.

Tujuh tahun kemudian, pada 29 September 2000, gerakan Intifadah kembali muncul—kali ini disebut Intifadah Al-Aqsa atau Intifadah Palestina kedua—ketika Perdana Menteri Israel, Ariel Sharon, dan rombongannya yang berjumlah 1.000 orang bersenjata, memasuki lingkungan Mesjid Al-Aqsa.

Gerakan itu lalu menciptakan konflik berdarah Israel-Palestina, yang kemudian berakhir pada 8 Februari 2005 setelah kedua pihak setuju berdamai.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Peristiwa 6910845128676752835

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item