Kapan Jatuhnya Pesawat DC-10 Amerika?

Kapan Jatuhnya Pesawat DC-10 Amerika? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/grid.id
Pesawat DC-10 Amerika mengalami kecelakaan pada 25 Mei 1979.

Pesawat DC-10 maskapai penerbangan Amerika lepas landas dari bandara O’Hare, Chicago, dengan mengangkut 271 penumpang serta awak pesawat. Pesawat itu berhasil lepas landas, dan terus menanjak serta mencapai ketinggian 300 kaki (90 meter) di atas permukaan tanah, namun kemudian sesuatu yang aneh terjadi. Ketika pesawat itu terus melaju ke atas, mesin bagian kiri pesawat terlepas, dan jatuh ke tanah.

Ketika mesin pesawat itu terlepas, seketika pesawat pun kehilangan keseimbangan, dan terguling ke kiri hingga posisi sayap melampaui kedudukan vertikal. Pihak pengendali lalu lintas di bandara menyaksikan jatuhnya mesin tersebut, dan telah berusaha mengontak pilot pesawat, namun tak ada jawaban. Sang pilot sedang berusaha mati-matian untuk menyelamatkan pesawatnya, namun gagal.

Pesawat itu kemudian jatuh dengan benturan amat keras di sebuah lapangan terbuka, sebelah barat laut ujung landas pacu bandara. Sebuah ledakan mengiringi benturan pesawat, dan setelah itu kebakaran segera berkobar akibat penuhnya bahan bakar di tangki pesawat.

Seluruh penumpang tewas seketika, beserta dua orang yang ada di darat, dan dua lainnya—yang juga ada di darat—menderita luka bakar parah. Sementara pesawat DC-10 hancur lebur.

Bencana itu dianggap sebagai bencana terburuk dalam sejarah penerbangan Amerika, dan kesalahan ditimpakan pada sistem perawatan pesawat serta kurangnya komunikasi dari pihak pembuat pesawat serta penggunanya.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 6800515594585032767

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item