Kapan Qatar Meraih Kemerdekaan?

Kapan Qatar Meraih Kemerdekaan? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/fragomen.com
Qatar meraih kemerdekaan pada 3 September 1971.

Negara Qatar adalah sebuah emirat di Timur Tengah yang terletak di semenanjung kecil di Jazirah Arab. Batasnya di selatan adalah Arab Saudi dan sisanya dibatasi Teluk Persia.

Pada abad ke-19, Qatar berada di bawah pendudukan imperium Ottoman. Kemudian, pada tahun 1882, seiring makin melemahnya imperium Ottoman, Qatar lalu jatuh ke tangan Inggris. Inggris menjadikan Qatar sebagai tempat transit kapal dagang mereka sebelum menuju India.

Pada tahun 1916, Qatar memperoleh status dependen dari Inggris, kemudian menjadi kawasan protektorat Inggris. Ketika Perang Dunia II usai, Qatar berusaha memperoleh kemerdekaannya, terutama setelah India mencapai kemerdekaannya pada tahun 1950-an.

Perjuangan untuk merdeka itu semakin menguat setelah Inggris memberikan kemerdekaan kepada Kuwait pada tahun 1961. Menanggapi hal itu, pemerintah Inggris menyatakan akan menghentikan penguasaan politik atas Qatar, namun tetap akan meneruskan penguasaan ekonomi di Qatar.

Keputusan Inggris itu ditentang oleh Qatar dengan membentuk Federasi Arab Teluk bersama dengan Bahrain. Pada saat yang sama, Uni Emirat Arab dibentuk, dan Qatar ikut bergabung ke dalamnya, sehingga dominasi Inggris semakin melemah. Akhirnya, pada 3 September 1971, Qatar pun mengumumkan kemerdekaannya.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 6999902897931038319

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item