Siapakah Paul Karrer?

Siapakah Paul Karrer? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/chemindigest.com
Dilahirkan di Moskow, 21 April 1889, Paul Karrer adalah seorang kimiawan organik Swiss yang terkenal atas karyanya mengenai vitamin. Bersama dengan Walter Haworth, pada tahun 1937 ia dianugerahi hadiah Nobel dalam bidang kimia.

Pada tahun 1892, ia belajar kimia bersama Alfred Werner, dan mendapat gelar Ph.D pada tahun 1911. Pada tahun 1919 ia menjadi profesor di Universitas Zürich.

Penelitian awal Karrer berkenaan dengan senyawa logam kompleks, namun karyanya yang paling penting adalah pigmen tumbuhan, khususnya karotenoid kuning. Ia menjelaskan struktur kimiawinya, di mana senyawa itu diubah dalam tubuh menjadi vitamin A.

Karyanya menimbulkan jalan menuju formula beta-karoten yang benar—prekursor utama vitamin A—di mana saat itulah pertama kalinya struktur vitamin atau provitamin ditentukan. Kemudian Karrer mempelajari struktur asam askorbat (vitamin C) dan memperluas penelitiannya ke vitamin B2 dan vitamin E.

Sumbangan besarnya dalam kimia adalah flavin yang menimbulkan pengenalan laktoflavin sebagai bagian kompleks, yang awalnya diperkirakan vitamin B2.

Paul Karrer meninggal dunia pada 18 Juni 1971.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 3124016833337291493

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item