Siapakah Agatha Christie?

Siapakah Agatha Christie? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/biography.com
Dame Agatha Mary Clarissa Christie, atau yang terkenal dengan nama Agatha Christie, adalah penulis cerita detektif Inggris paling terkenal di dunia. Dilahirkan pada 15 September 1890, Agatha Christie menulis 80-an buku, dan total penjualannya mencapai satu miliar eksemplar dalam bahasa Inggris, dan satu miliar lagi dalam 45 bahasa asing. Praktis dapat dikatakan bahwa Agatha Christie adalah penulis Inggris paling terkenal setelah Shakespeare.

Pada waktu Perang Dunia II, Agatha Christie bekerja sebagai apoteker, dan pekerjaan itulah yang kemudian menjadikannya akrab dengan obat-obatan sekaligus racun—unsur yang sering muncul dalam kisah-kisah detektif dan pembunuhan yang ditulisnya.

Pada 1930 dia menikah dengan Sir Max Mallowan, seorang arkeolog Inggris. Bersama suaminya, Agatha Christie sering melakukan perjalanan ke berbagai negara, termasuk ke Timur Tengah, yang kemudian memberinya banyak ide untuk beberapa latar belakang novel-novelnya.

Selain menulis novel, Agatha Christie juga menulis sejumlah sandiwara teater yang kebanyakan ber-genre misteri. Tokoh ciptaannya yang sangat terkenal adalah Hercule Poirot, seorang detektif Belgia yang berkarakter unik. Banyak karya Christie yang telah difilmkan, beberapa di antaranya bahkan difilmkan berulang-ulang, semisal “Pembunuhan di Atas Orient Express”, “Pembunuhan di Sungai Nil”, dan “Kereta 4.50 dari Paddington”.

Selain menulis novel detektif, dia juga menulis novel roman dengan nama pena Mary Westmacott. Sementara sandiwara panggung karyanya, “The Mousetrap”, memegang rekor sebagai sandiwara dengan masa putar terpanjang di London—dimulai pada 25 November 1952 hingga sekarang telah diputar lebih dari 20.000 kali.

Pada 1971 dia dianugerahi gelar “Dame Commander of the British Empire”. Agatha Christie meninggal dunia pada 12 Januari 1976.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 1005955252117499184

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item