Siapakah Elvis Presley?

Siapakah Elvis Presley? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/indozone.id
Dilahirkan pada 8 Januari 1935 di East Tupelo, Mississippi, Elvis Aaron Presley tumbuh besar di Memphis, Tennessee. Pada waktu masih duduk di bangku sekolah menengah, Elvis bekerja menjadi sopir truk bagi sebuah perusahaan listrik.

Pada tahun 1953, ketika ibunya berulang tahun, Elvis berencana untuk memberikan rekaman lagunya sebagai hadiah ultah. Maka dia pun pergi ke perusahaan rekaman Sun Studios, dan membayar sebesar 4 dollar untuk dapat merekam dua lagunya. Pada waktu itulah daya tarik suara Elvis menarik perhatian Sam Phillips, pendiri Sun Studios.

Phillips lalu mengundang Elvis untuk mengisi posisi penyanyi balada di studionya yang kebetulan kosong. Sejak saat itu Elvis mulai melakukan tour ke berbagai tempat, termasuk ke luar Tennessee.

Pada 16 Oktober 1954, Elvis tampil dalam siaran radio Louisiana Hayride, dan segera menarik pendengar dalam jumlah yang besar. Setelah itu ia menandatangani kontrak dengan RCA Records, dengan bantuan manajernya, Tom Parker.

Pada Desember 1957, Elvis ikut tugas militer dengan Angkatan Bersenjata AS, dan ditugaskan di Jerman. Seusai menjalani wajib militer, ia kembali melakukan tour musik dan mulai bermain film. Sejak itu pula Elvis mulai menyanyikan lagu-lagu rock’n roll, yang segera mendapat sambutan hangat di mana-mana. Antara tahun 1969 dan 1977, ia tampil dalam 1.000 acara yang semua tiketnya terjual habis.

Pada masa kejayaannya, konser-konser Elvis dihadiri pengunjung dalam jumlah yang sangat besar. Gaya, sifat, serta cara berpakaiannya menjadi simbol bagi musik rock’n roll, dan banyak ditiru penggemarnya. Berkat lagu-lagunya yang memadukan irama rock’n roll dengan lagu-lagu balada, dunia rock’n roll memperoleh fondasi komersial yang selanjutnya dapat dikembangkan musisi penerusnya.

Memasuki pertengahan 1970-an, kesehatan Elvis mulai menurun karena kelelahan akibat jadwal konser. Hal itu ditambah dengan kecanduan Elvis terhadap obat penenang, yang menjadikan penampilannya ikut menurun. Pada 26 Juni 1977, ia tampil dalam sebuah konser di Market Square Arena di Indianapolis, dan itu menjadi konser terakhirnya.

Pada 16 Agustus 1977, Elvis ditemukan telah meninggal dunia di rumahnya, di Graceland, Memphis, akibat serangan jantung karena overdosis obat penenang. Ia meninggal dunia dalam usia 42 tahun. Penyanyi yang dijuluki “Sang Raja” itu tetap populer meski telah meninggal berpuluh tahun yang lalu.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 6227723918177127651

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item