Siapakah Ho Chi Minh?

Siapakah Ho Chi Minh? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/history.com
Ho Chi Minh (terlahir: Nguyen That Thanh) adalah negarawan Vietnam yang memproklamirkan Republik Demokrasi Vietnam di Hanoi, pada tahun 1945. Ketika Prancis mundur dan Vietnam menjadi dua bagian, Ho Chi Minh menjadi presiden Vietnam Utara, antara 1854 sampai 1969.

Vietnam sedang dijajah Prancis ketika Ho Chi Minh lahir pada 18 Mei 1890 di desa Kim-Lien provinsi Nghe An. Rakyat Vietnam telah berusaha melawan penjajahan itu, beberapa pahlawan telah bangkit mengadakan perjuangan, tetapi penjajah Perancis menghalau setiap gerakan perlawanan dengan tindakan tanpa ampun.

Ketika berusia 17 tahun, Ho Chi Minh bergabung dengan suatu gerakan revolusioner rahasia yang dipimpin para pejuang tua seperti Pan Chau Trinh, Phan Boi Chau, dan Hoang Hoa Tham. Tugas Ho waktu itu adalah menjadi kurir penyampai berita.

Selama bergabung dengan organisasi itulah Ho belajar arti nasionalisme, mencintai dan mengabdi kepada Rakyat. Sisa hidupnya kemudian digunakan untuk membela negerinya dalam upaya mengusir penjajah.

Perjuangan itu memang tidak sia-sia, karena pada 2 September 1945, di depan ribuan Rakyat Vietnam, Ho Chi Minh memproklamasikan kemerdekaan Republik Demokrasi Rakyat Vietnam.

Pada waktu Perang Indocina II pecah tahun 1959, Ho mendukung Viet Cong di Vietnam Utara, melawan Vietnam Selatan yang didukung Amerika. Ketika akhirnya kedua Vietnam bersatu dan merdeka di bawah pemerintahan komunis pada tahun 1975, Ho tidak menyaksikannya, karena telah meninggal pada 3 September 1969, meski selama hidup ia mengimpikannya.

Untuk mengenang jasa pendiri dan pemimpin ideologi Partai Komunis tersebut, nama kota Saigon kemudian diubah menjadi kota Ho Chi Minh.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 1981082435673334412

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item