Siapakah Jean-Bertrand Aristide?

Siapakah Jean-Bertrand Aristide? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/caribbeannationalweekly.com
Dilahirkan di Port-Salut, Haiti, pada 15 Juli 1953, Jean-Bertrand Aristide adalah politikus Haiti dan bekas pastor Katolik Roma yang menjadi presiden Haiti pada 1991, dan lalu terpilih kembali dan menjabat sebagai presiden sejak 2001 hingga kemudian disingkirkan pada 2004.

Sebelum menjadi presiden, Aristide menjadi pastor di sebuah gereja kecil di Port-au-Prince dan kemudian dipindahkan ke gereja yang lebih besar di pemukiman kumuh La Saline.

Aristide menjadi penganjur teologi pembebasan, dan menjadi tokoh terkemuka di sayap radikal Gereja Katolik di Haiti. Homili-homilinya disebarluaskan lewat stasiun radio Katolik di seluruh negeri. Rezim Duvalier waktu itu berulang kali berusaha membungkamnya, tapi Aristide berhasil lolos hingga rezim itu runtuh pada April 1986.

Pada pemilu 1990, Aristide terpilih sebagai presiden Haiti dengan suara mayoritas. Tetapi setahun kemudian ia dikudeta oleh militer, hingga terpaksa mengungsi ke AS. Kemudian, pada 1994, Aristide berhasil merebut kembali kekuasaannya. Tetapi pada tahun 2004 kepemimpinannya disingkirkan oleh gerakan pemberontakan rakyat Haiti yang berbalik memusuhinya.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 2975716135058148576

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item