Siapakah Hassan al-Banna?

Siapakah Hassan al-Banna? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/tarbawiyah.com
Hassan al-Banna adalah guru dan reformis sosial dan politik Islam, yang terkenal karena mendirikan Ikhwanul Muslimin, salah satu organisasi terbesar dan berpengaruh di abad 20. Kepemimpinan Al-Banna dalam organisasi itu berlangsung selama tahun 1930-an sampai 1940-an. Secara cepat, organisasi itu berkembang di berbagai negara muslim dunia, dan nama Hassan al-Banna pun sangat terkenal di dunia internasional.

Pada tahun 1949, pemerintah Mesir membubarkan Ikhwanul Muslimin dengan tuduhan telah melakukan pembunuhan terhadap Perdana Menteri Mesir saat itu, dan merencanakan konspirasi untuk menggulingkan kepemimpinan Mesir. Banyak anggota organisasi tersebut yang ditangkap dan dimasukkan penjara.

Sampai kemudian, pada 12 Februari 1949, Pemerintah Mesir, melalui Menteri Zaki Ali Basha, menghubungi Hassan al-Banna untuk bernegosiasi mengenai nasib para anggota Ikhwanul Muslimin. Tempat pertemuan disepakati di kantor pusat Jamiyyah al-Shubban al-Muslimin, di Kairo. Al-Banna datang ke sana bersama saudara iparnya, Abdul Karim Mansur.

Namun, Menteri Zaki Ali tak pernah datang. Al-Banna menunggunya sampai lima jam, dan setelah yakin sang menteri tidak akan datang, dia pun memutuskan untuk pulang. Ketika ia bersama saudara iparnya sedang menunggu taksi, pembunuhan itu terjadi. Dua orang mendatangi mereka, dan langsung menembakkan serentetan peluru.

Al-Banna terkena tujuh tembakan. Dia dibawa ke rumah sakit, namun kemudian meninggal akibat luka-lukanya pada 12 Februari 1949.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 4935195272389619793

Posting Komentar

  1. Maret 1928:
    Ikhwanul Muslimin didirikan di kota Terusan Suez di Ismailiya oleh guru Hassan al-Banna. Visi mereka menentang kolonialisme dan zionisme.

    Desember 1948:
    Anggota Ikhwanul Muslimin terlibat pembunuhan Perdana Menteri Mahmud Fahmi al-Nuqrashi yang memerintahkan pembubaran organisasi tersebut.

    Februari 1949:
    Polisi rahasia Mesir membunuh Hassan al-Banna.
    A Muslim Bruder assassinates perdana menteri Mahmud Fahmi al - Nuqrashi , yang telah memerintahkan Ikhwan dibubarkan .
    http://internasional.kompas.com/read/2013/12/26/1023136/Ikhwanul.Muslimin.dari.Masa.ke.Masa

    BalasHapus

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

item