Siapakah Aleksandr Solzhenitsyn?

Siapakah Aleksandr Solzhenitsyn? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/journalismisnotacrime.com
Aleksandr Isayevich Solzhenitsyn adalah penulis Rusia, yang menjadi salah satu penulis roman terbesar Rusia abad ke-20. Ia lahir pada 11 Desember 1918.

Pada Perang Dunia II, Solzhenitsyn bergabung sebagai perwira di Tentara Merah, namun kritikannya yang keras terhadap Joseph Stalin menyebabkannya dihukum dan dikirim ke gulag untuk kerja paksa, dan baru dibebaskan pada 1953. Pengalamannya selama menjalani kerja paksa di gulag itu dituangkannya dalam novelnya, V Kruge Pervom, yang diterbitkan pada 1968.

Pada 1970, Solzhenitsyn dianugerahi penghargaan Nobel dalam Sastra. Namun ia tidak bisa menerima penghargaan itu secara pribadi di Stockholm, karena takut dilarang kembali ke negerinya jika ia pergi. Karena itu, ia mengusulkan untuk menerima penghargaan tersebut di kedutaan besar Swedia di Moskow.

Pemerintah Swedia menolak usulan tersebut, karena upacara dan peliputan media massa akan mengecewakan Uni Soviet dan dapat merusak hubungan Swedia dengan Soviet. Akhirnya, Solzhenitsyn menerima penghargaan itu pada upacara Nobel tahun 1974, setelah dideportasi dari Uni Soviet.

Aleksandr Solzhenitsyn Meninggal dunia pada 3 Agustus 2008 dalam umur 89 tahun. Ia meninggalkan banyak karya, di antaranya Odin den’ Ivana Denisovicha, Archipelag Gulag, V Kruge Pervom, Agustus 1914, dan lain-lain.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 444242318413531101

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item