Apakah Serangga Tomcat Berbahaya bagi Manusia?

Apakah Serangga Tomcat Berbahaya bagi Manusia? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Tomcat tidak mengigit ataupun menyengat. Namun, jika bersentuhan atau berbenturan dengan kulit manusia, tomcat akan mengeluarkan cairan otomatis yang beracun. Selain itu, tomcat juga akan mengeluarkan cairan racunnya pada benda-benda seperti baju, handuk, atau benda lainnya.

Artinya, meski tidak bersentuhan langsung dengan serangga tersebut, manusia tetap dapat terkena racunnya jika menggunakan benda-benda yang telah terkontaminasi racun tomcat.

Dalam tubuh tomcat, terdapat cairan yang diduga 12 kali lebih mematikan dari bisa ular kobra. Cairan hemolimf atau toksin itu disebut sebagai paederin.

Bersentuhan dengan kumbang ini, misalnya ketika ia merayap di kulit kita, atau membunuh/menghancurkannya dengan jari, akan dapat menyebabkan penyakit kulit yang disebut dermatitis linearis, yang mengakibatkan kulit meradang dan melepuh.

Untuk itu, jika berhadapan dengan serangga ini, sebaiknya hindari persentuhan langsung. Jika terpaksa harus membunuh, sebaiknya gunakan benda seperti sandal atau lainnya, meski harus tetap diperhatikan agar tidak terkena cairan tubuhnya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 30298026408277645

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item