Kapan Gunung Redoubt Meletus?

Kapan Gunung Redoubt Meletus? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/kompas.com
Gunung Redoubt adalah gunung api aktif yang berada di negara bagian Alaska, Amerika Serikat. Dengan ketinggian 2.700 meter di atas permukaan laut, posisinya berada sekitar 160 kilometer barat daya Anchorage, kota pelabuhan utama Alaska.

Pada 22 Maret 2009, gunung itu meletus, dan menyebarkan material vulkanik setinggi 15 kilometer. Sementara ketinggian awan abu mencapai 18.290 meter.

Semburan awan abu itu terbang hingga ke wilayah Homer, yang jauhnya 200 kilometer barat daya ibu kota Anchorage. Sejak saat itu, gunung berapi tersebut mengalami erupsi lebih kecil, dengan sebagian besar abu menyebar hingga ke wilayah berpenduduk di barat laut Anchorage.

Riwayat letusan gunung Redoubt cukup panjang, meski biasanya tidak berbahaya karena lokasinya tidak berada di dekat pemukiman.

Sebelumnya, gunung tersebut pernah meletus pada akhir 1989, dan abu letusannya menyebabkan sebuah pesawat terbang penumpang KLM mengalami kematian seluruh mesin, dan menyebabkan pesawat itu turun mendadak pada ketinggian 3.000 meter, sebelum akhirnya mesin pesawat dapat berfungsi kembali.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Peristiwa 4648139909008791123

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item