Siapakah Johann Gutenberg?

Siapakah Johann Gutenberg? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/tribunnews.com
Johann Gutenberg adalah penemu mesin cetak yang kemudian mengubah wajah dunia. Ia lahir di Jerman, namun kemudian pindah ke Strasburg, Prancis, dan menggeluti dunia teknologi.

Pada tahun 1436, Gutenberg memulai proyek pembuatan mesin cetaknya. Dialah orang yang pertama kali menemukan mesin cetak yang menggunakan huruf tercetak pada sekeping logam yang dapat dipindah-pindah.

Mesin cetaknya tersebut dibuat dari campuran timbal, timah, dan antimonium untuk setiap pencetak abjad. Setelah terbentuk, bagian pencetak abjad dapat disusun untuk membentuk kata-kata, yang selanjutnya ditata menjadi satu halaman naskah. Proses pencetakannya dengan cara menekankan selembar kertas pada bagian abjad yang telah dibasahi tinta, hingga menghasilkan halaman cetak.

Satu bagian pencetak abjad yang disusun atau ditata itu dapat digunakan untuk membuat 100 halaman cetak sebelum kemudian dapat disusun ulang untuk halaman lain, hingga seluruh buku dicetak.

Pada waktu itu, mesin sederhana tersebut dengan mudah mencetak buku sampai ratusan eksemplar. Hasilnya sangat mencengangkan, karena sejak itu penyebaran pengetahuan, berita, opini dan informasi lain, makin cepat tersebar ke seluruh Eropa. Fenomena itu, oleh dunia, dianggap sebagai bagian terpenting dari fenomena ledakan informasi (information booming).

Johann Gutenberg meninggal dunia pada 23 Februari 1468.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 254760896223990572

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item