Siapakah Victor Hugo?

Siapakah Victor Hugo? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/aljazeera.com
Victor Hugo adalah sastrawan terkenal Prancis, sekaligus penyair, novelis, dan penulis drama aliran romantik terpenting abad ke-19. Ia lahir pada 26 Februari 1806, dan sejak masih muda telah menulis puisi, juga menerjemahkan karya-karya Virgil, seorang penyair Romawi.

Pada usia 25 tahun, Hugo telah diangkat sebagai anggota Akademi Prancis dan anggota dewan legislatif di negara itu. Namun, pada zaman pemerintahan Napoleon III, dia disingkirkan dari politik dan hidup di pengasingan akibat penentangannya terhadap politik tirani yang dijalankan pemerintah.

Ia menjalani hidup di pengasingan selama 20 tahun, dan dalam pengasingan itulah Hugo menulis berbagai novel, puisi, dan drama, yang kelak menjadikan namanya dikenang abadi oleh dunia.

Victor Hugo juga dianggap sebagai penulis aliran romantis Prancis yang terkemuka. Dalam pembukaan drama sejarah yang ditulisnya pada tahun 1827, yang berjudul “Cromwell”, Hugo menyatakan bahwa romantisme adalah liberalisme sastra. Dalam khazanah kesusastraan, Hugo membangun versi tersendiri atas novel sejarah, yang mengkombinasikan kenyataan sejarah dengan imajinasi yang hidup dan melodramatis.

Karya Victor Hugo yang paling terkenal adalah “The Hunchback of Notre Dame” dan “Les Misérables”.

Puisi-puisi dan novel karya Victor Hugo menggabungkan pertanyaan politis dan filosofis dengan kisah-kisah pada zaman itu. Karya-karyanya sangat disukai oleh masyarakat Prancis, sehingga ketika ia meninggal dunia pada 22 Mei 1885, upacara pemakamannya dilaksanakan oleh pemerintah dan diikuti oleh tiga juta orang.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 1431658537103469958

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item