Kapan Jerman Menyerang Terusan Suez?

Kapan Jerman Menyerang Terusan Suez?  Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/tribunnewswiki.com
Selama Perang Dunia I berlangsung, Terusan Suez yang waktu itu berada di bawah kekuasaan Inggris, diserang oleh pasukan Jerman dan Turki Ottoman, pada 3 Februari 1915. Posisi Terusan Suez yang sangat strategis, karena menghubungkan Laut Meditrania dan Laut Merah, menjadikannya sebagai objek yang diperebutkan berbagai pihak.

Terusan Suez berada di sebelah barat Semenanjung Sinai, dan merupakan terusan kapal sepanjang 163 kilometer yang terletak di Mesir, menghubungkan Pelabuhan Said di Laut Tengah dengan Suez di Laut Merah. Terusan itu memungkinkan transportasi air dari Eropa ke Asia, tanpa mengelilingi Afrika.

Inggris sangat ketat menjaga kekuasaannya atas Terusan Suez, karena khawatir kehilangan kontrol atasnya akan membahayakan daerah-daerah koloninya di Asia.

Karenanya, Jerman dan Turki Ottoman pun akhirnya dipukul mundur dalam serangan tersebut, dan Terusan Suez tetap berada di bawah kendali Inggris—hingga kelak pada tahun 1956 Terusan Suez dinasionalisasi oleh presiden Mesir, Gamal Abdul Nasser.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 2697580266647892267

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item