Siapakah Emily Bronte?

Siapakah Emily Bronte? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/theconversation.com
Emily Bronte adalah novelis terkenal Inggris. Ia lahir pada 30 Juli 1818, di sebuah desa di Yorkshire. Ia anak kelima dari enam bersaudara, yang tiga di antaranya kelak juga menjadi penulis novel.

Pada usia dua tahun, ibu Emily meninggal dunia, dan dia tumbuh menjadi anak yang pemalu serta pendiam. Emily dan saudara-saudaranya rajin membaca, dan mereka-reka cerita tentang negeri-negeri dongeng. Emily kemudian juga menulis-puisi-puisi berdasarkan khayalan-khyalannya tersebut.

Pada tahun 1846, Emily bersama dua saudaranya, Charlotte dan Anne, menerbitkan karya bersama berjudul “Poems by Currer, Ellis and Acton Bell”. Karya itu hanya terjual dua eksemplar, namun mereka terus menulis.

Satu tahun kemudian, pada 1847 Emily Bronte menulis novel “Wuthering Heights”. Novel itu kurang mendapat sambutan dari masyarakat. Pada tahun itu pula, saudaranya, Charlotte Bronte, juga menerbitkan novel berjudul “Jane Eyre” yang mencapai kesuksesan.

Pada tahun 1850, ketika Emily Bronte meninggal dunia, “Wuthering Heights” dicetak ulang, dengan kata pengantar dari Charlotte yang menyatakan bahwa novel “Wuthering Heights” lebih bagus dari karyanya sendiri, “Jane Eyre”. Akhirnya mata masyarakat pun terbuka atas kehebatan novel “Wuthering Heights” karya Emily Bronte, dan hingga kini novel itu dianggap sebagai salah satu karya klasik dalam sastra Inggris.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 5291084658486152504

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item