Siapakah Joseph Lister?

Siapakah Joseph Lister? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/befren.com
Joseph Lister adalah dokter bedah Inggris yang terkenal atas gagasannya mengenai sterilisasi yang dilaksanakan sebelum operasi pembedahan. Ia lahir pada 5 April 1827, dan merupakan penemu zat antiseptik yang menjadi salah satu penemuan penting di dunia. Sebelum zat antiseptik ditemukan dan digunakan, lebih dari separuh pasien bedah tewas karena infeksi.

Joseph Lister meraih gelar dokter dari Universitas College London pada 1852. Pada 1861 dia menjadi ahli bedah di rumah sakit Kerajaan Glasgow, yang dijabatnya selama delapan tahun. Selama bekerja di sana ia mulai mengembangkan metode antiseptik dalam pembedahan.

Di rumah sakit itu Lister mendapat tugas di barak operasi. Di sana ia dikejutkan oleh tingginya angka kematian. Infeksi serius seperti kelumpuhan bagian anggota badan merupakan kejadian umum setelah operasi berlangsung. Itu menjadikan Lister gelisah, dan ia mulai mencari penyebab serta solusinya.

Sampai kemudian, pada 1865, dia membaca siaran Louis Pasteur yang memperkenalkan teori penyakit kuman. Hal itu memberikan gagasan kunci untuk Lister. Jika benar penyakit itu disebabkan kuman, pikirnya, maka pencegah terbaik melawan infeksi adalah membunuh kuman tersebut sebelum mencapai tempat luka yang terbuka.

Dari sanalah kemudian Lister mengembangkan antiseptik dan sterilisasi. Hasilnya mengagumkan, karena sejak itu angka kematian menurun. Antara tahun 1861-1865, angka kematian rata-rata mencapai 45%, sedangkan menjelang tahun 1869 menyusut menjadi 15%.

Sepanjang hidupnya, Joseph Lister memperoleh banyak penghargaan atas hasil rintisannya. Dia menjadi ketua Royal Society selama lima tahun, juga menjadi dokter bedah pribadi Sri Ratu. Ia meninggal dunia di Walmer, Inggris.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 711804403713159536

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item