Benarkah Kopi Mengatasi Kantuk?

Benarkah Kopi Mengatasi Kantuk? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/grid.id
Selama ini ada anggapan bahwa meminum kopi dapat mencegah atau mengurangi rasa kantuk. Apakah memang benar begitu? Kalau memang benar, kenapa bisa begitu?

Dalam batas tertentu—memang benar. Di dalam kopi terdapat kafein, dan zat inilah yang bekerja sebagai stimulan atau perangsang kegiatan mental dan fisik. Apabila kita meminum kopi, dalam jumlah sedikit, maka kafein di dalam kopi akan meningkatkan peredaran darah, yang efek lanjutannya dapat mencegah atau mengurangi rasa kantuk.

Karena fungsi itu pulalah, kalangan farmasi mencampurkan kafein ke dalam obat-obatan tertentu yang bertujuan sebagai stimulan jantung dan susunan urat saraf.

Meski kopi dapat mencegah atau mengurangi kantuk, namun ia juga dapat menyebabkan gugup serta susah tidur apabila diminum terlalu banyak atau berlebihan.

Hmm… ada yang mau menambahkan? 

Related

Umum 6608407497498559750

Posting Komentar

  1. saya malah gak ngaruh mas, udah biasa minum dari SD. Itu gimana mas?

    BalasHapus
  2. @honeylizious
    Saya sendiri juga udah nggak ngaruh, karena udah saking biasanya. Mungkin baru ada pengaruhnya kalau udah minum satu ember. Hehe..

    BalasHapus
  3. @hoeda: seember emang ngaruh, tapi ke perut, kembung

    BalasHapus
  4. Hoed, apa pada beberapa orang kopi menyebabkan jantung berdebar lebih cepat?

    BalasHapus
  5. Ya, ada sebagian orang yang "sensitif" dengan kopi, jadi jantugnya berdebar lebih cepat jika mengkonsumsi kopi. Omong-omong, jantungku biasanya berdebar cepat bukan karena minum kopi, tapi karena lihat cewek seksi! :D

    BalasHapus
  6. Hahaha... berarti aku salah satu orang "sensitif" itu. Selain kopi, yang dapat mencegah atau mengurangi rasa kantuk apa ya, Mas?

    BalasHapus
  7. Selain kopi, yang dapat mencegah atau mengurangi rasa kantuk, ya... bokep! Hahaha...!

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item