Mengapa Cewek Suka Boneka?

Mengapa Cewek Suka Boneka? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/line.me
Engkau adalah jambangan ibumu, di dalam jambangan itu
dia hadirkan kembali musim seminya yang terindah.
—William Shakespeare


Sebenarnya sih cewek tidak hanya suka boneka, tapi juga suka berlian, mobil mahal, dan rumah mewah, hehe.... Tapi memang boneka sangat identik dengan cewek, sehingga cowok akan merasa “bersalah” jika menyukai boneka, atau akan diledek kecewek-cewekan.

Yang aneh, kesukaan terhadap boneka telah dimulai semenjak seorang cewek masih kecil. Jika anak cewek dihadapkan pada mainan berupa boneka atau pistol-pistolan, misalnya, hampir dapat dipastikan dia akan memilih boneka. Sebaliknya, anak cowok akan memilih mainan yang berbeda, dan jarang sekali yang sengaja memilih boneka sebagai mainannya. Artinya, sejak kecil cewek memang sudah suka boneka.

Jadi mengapa cewek suka boneka?

Sebagian pakar berpendapat bahwa kesukaan cewek terhadap boneka karena insting (sebagai cewek) yang muncul secara alami. Pendapat ini memperoleh pembenaran, karena cewek di mana pun menyukai boneka. Artinya, kesukaan terhadap boneka dilakukan cewek di mana pun, dan bukan semata karena pengaruh tempat tinggalnya.

Richard Wrangham, dari Harvard University, bersama rekan-rekannya melakukan penelitian menyangkut hal itu dengan mengobservasi anak-anak simpanse yang ada di Kibale National Park, Uganda.

Ketika anak-anak simpanse itu diberi mainan manusia—boneka, pistol mainan, mobil-mobilan, dan sebagainya—simpanse betina memilih boneka, sementara simpanse jantan memilih mainan lain.

Setelah melakukan observasi pada para simpanse yang dikurung dalam taman nasional, para pakar melanjutkan penelitiannya pada para simpanse yang hidup di hutan liar. Ternyata, anak-anak simpanse di hutan bermain seperti layaknya anak-anak manusia. Mereka bermain tongkat yang berasal dari ranting pohon, dan cara memperlakukan tongkat itu berbeda antara simpanse jantan dan simpanse betina.

Jika anak-anak simpanse jantan menggunakan tongkat untuk memukul-mukul tanah dan semacamnya, anak-anak simpanse betina memperlakukan tongkat itu seperti memperlakukan seorang anak—tongkat itu digendongnya, dibelai-belai dengan lembut, dan semacamnya—persis seperti anak-anak cewek yang bermain-main dengan bonekanya.

Para peneliti juga menyaksikan anak-anak simpanse betina membawa-bawa tongkat itu dengan lembut ke dalam sarang tempat mereka beristirahat, dan kadang bahkan “menidurkan” tongkat itu dengan hati-hati di tempat yang aman.

Dari mana anak-anak simpanse itu bisa melakukan hal semacam itu—memperlakukan tongkat dengan penuh kasih sayang? Para peneliti menyimpulkan bahwa hal itu mereka tiru dari ibunya yang sedang menggendong bayi simpanse.

Richard Wrangham menyatakan, “Ini merupakan bukti awal dari spesies binatang liar yang mengungkapkan perbedaan objek mainan dari pria dan wanita.”

Hasil penelitian itu juga menungkapkan bahwa anak perempuan menyukai boneka sementara anak lelaki tidak, bukan karena stereotip sosial, melainkan lebih karena kecenderungan biologis. Jadi, para cewek menyukai boneka karena insting alaminya sebagai cewek—sosok calon ibu yang kelak akan memiliki anak. Insting sebagai ibu itu rupanya telah lahir, bahkan ketika mereka masih anak-anak.

Ingin tahu lebih banyak tentang mengapa-mengapa lain seputar cowok-cewek? Lihat di sini.

Hmm... ada yang mau menambahkan? 

Related

Sains 3228902915415782607

Posting Komentar

  1. saya tidak begitu suka boneka sih, kadang malah bonekanya tidak dirawat... nyiahahahhaa....

    apakah itu membuktikan bahwa saya secara psikologis menyimpang dari yang namanya kenormalan?

    BalasHapus
  2. @honeylizious
    Di atas kan udah disebutkan, "Sebenarnya sih cewek tidak hanya suka boneka, tapi juga suka berlian, mobil mahal, dan rumah mewah, hehe..."

    Nah, mungkin kamu termasuk yang suka hal-hal itu? :)

    BalasHapus
  3. hahahaha.
    kesukaan cewek=menyengsarakan cowok ya.

    BalasHapus
  4. @Yus Yulianto
    Iya, padahal kesukaan cowok=menyenangkan cewek. Hahaha..

    BalasHapus
  5. ini berdua nyudutin aja kerjaannya...
    Suka si sama smcm harta, tp kalo belum jd suami gak pantas dipelorotin *eh* porotin

    BalasHapus
  6. Kalog aq dari dulu spek skarang 18thn masih suka tu sama mainan mobil2'an.., haha.., asik buat brhayal :D

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item