Apa Kartun Pertama di Dunia?

Apa Kartun Pertama di Dunia? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Istilah “kartun” pertama kali digunakan oleh para pelukis pada periode Renaisans Italia, dan kata tersebut masih digunakan para seniman di masa kini. Namun, sebenarnya, istilah kartun merujuk pada sketsa awal dalam ukuran sebenarnya dari karya seni apa pun—misalnya lukisan dinding, gambar permadani, dan semacamnya.

Ketika surat kabar dan majalah mulai menggunakan gambar sebagai ilustrasi berita dan untuk menyajikan hiburan, mereka juga menggunakan istilah kartun untuk menyebut gambar-gambar tersebut. Pada masa sekarang, istilah kartun sepertinya menjadi lebih spesifik, yaitu untuk menyebut karakter-karakter tertentu, semisal Tom dan Jerry atau Mickey Mouse.

Untuk hal terakhir, karakter kartun pertama adalah Buster Brown, yang dibuat oleh Richard Outcault pada awal tahun 1900-an. Buster Brown juga merupakan karakter comic strip pertama yang muncul di surat kabar. Pada tahun 1902, Buster Brown diterbitkan dalam bentuk buku komik, dan segera menjadi karakter yang populer pada masa itu, khususnya di kalangan anak-anak Amerika.

Selain Buster Brown, komik kartun lain yang juga terkenal di masa itu adalah Bringing Up Father, yang terbit pada tahun 1912.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 2811124330751576496

Posting Komentar

  1. kartun itu berarti gambar kan ya? bukan animasi kan? kalo animasi kapan?

    *om kok vakum ngeblog siih???

    BalasHapus
  2. Sekarang orang pada tahunya animasi, anak-anak mungkin kenalnya film anime dibandingkan kata kartun itu sendiri.

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item