Apa Masjid Pertama di Dunia?

Apa Masjid Pertama di Dunia? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/grid.id
Masjid pertama dalam sejarah Islam dibangun pada 12 Rabiul Awal tahun pertama Hijriyah, di sebuah desa bernama Quba—daerah pertengahan antara Makkah dan Madinah. Masjid itu pun kemudian dikenal dengan nama Masjid Quba.

Pada waktu itu, Rasulullah Muhammad SAW sedang dalam perjalanan hijrah dari Makkah ke Madinah. Untuk mengelabui kaum Quraisy yang ingin membunuhnya, Rasulullah meminta Ali bin Abi Thalib untuk berbaring di tempat tidurnya, sehingga para pembunuh yang diutus kaum Quraisy mengira Rasulullah masih ada di rumah. Sementara itu, Rasulullah bersama Abu Bakar melakukan hijrah ke Madinah diam-diam.

Sesampai di desa Quba, Rasulullah dan Abu Bakar berhenti untuk beristirahat sambil menunggu Ali bin Abi Thalib yang akan datang menyusul bersama rombongannya. Rasulullah dan Abu Bakar disambut baik oleh kabilah Bani Salim bin Auf yang ada di sana. Selama tiga hari menunggu itulah, Rasulullah mulai membangun masjid, yang kemudian menjadi masjid pertama di dunia.

Ketika Ali bin Abi Thalib sampai di tempat itu bersama rombongannya, masjid yang masih sederhana itu kemudian digunakan untuk beristirahat. Di masjid itu pulalah sholat Jum’at pertama kali dilakukan, tepatnya pada 16 Rabiul Awal tahun pertama Hijriyah, dan untuk pertama kalinya Rasulullah menyampaikan khutbah Jum’at.

Sampai sekarang Masjid Quba yang bersejarah itu masih berdiri, meski telah banyak mengalami perubahan dan renovasi.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 5176574137898016071

Posting Komentar

  1. Orang-orang Sunni percaya bahwa 12 Rabiul Awal adalah tanggal Nabi Muhammad dilahirkan.

    BalasHapus
  2. Jangan-jangan sumber yang kupakai keliru nih.

    Apa perbedaan 12 Rabiul Awal dengan 12 Rabiul Awal tahun pertama Hijriyah, Mi? Btw, kenapa kamu nggak mau sedikit repot untuk mencari tanggal pastinya peristiwa di atas? :)

    BalasHapus
  3. Beberapa literatur juga menyebutkan bahwa Masjid Quba didirikan tanggal 12 Rabiul Awal tahun pertama Hijriah. Dan aku kira tanggal ini valid, pal.

    Tentang perbedaan 12 Rabiul Awal dengan 12 Rabiul Awal tahun pertama Hijriah begini, Hoed...

    Menurut orang-orang Sunni, Nabi Muhammad lahir 12 Rabiul Awal Tahun Gajah (52 tahun sebelum nabi hijrah ke Madinah). Sementara menurut Syiah, Nabi lahir tanggal 17 Rabiul Awal.

    Kalender Islam atau kalender Hijriah (yang dihitung berdasarkan rotasi bulan) ditetapkan pertama kali oleh Khalifah Umar Bin Khatab. Beliau menetapkan awal tahun Islam dari ketika nabi hijrah ke madinah, makanya disebut kalender Hijriah. Jadi yang dimaksud 12 Rabiul Awal tahun pertama adalah tahun ketika nabi hijrah. Dan 12 Rabiul Awal kelahiran nabi adalah 52 tahun sebelum hijrah.

    Yang menarik adalah, nabi juga wafat pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun 11 Hijriah. Wallahu 'alam bissowab.

    BalasHapus
  4. Hah, semula kupikir koment-mu yang pertama tuh ingin meralat tanggal yang kutuliskan. Makanya aku sempat curiga kalau-kalau sumberku keliru. Nggak tahunya cuma nambah info. Selama ini aku juga tahunya Rasulullah itu lahirnya ya pada 12 Rabiul Awal, cuma tahun Gajah.

    Oke, jadi maksudmu adalah; lahirnya Rasulullah pada 12 Rabiul Awal, berdirinya masjid pertama dalam sejarah Islam pada 12 Rabiul Awal, dan meninggalnya Rasulullah juga pada 12 Rabiul Awal. Gitu ya? Sip! Bahkan Wikipedia pun nggak akan bisa seperti ini! :D

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item