Kapan Perang Romawi dan Persia Dimulai?

Kapan Perang Romawi dan Persia Dimulai? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/titiknol.co.id
Perang antara Romawi dan Persia dimulai pada tanggal 5 Januari 603, dan peperangan itu terus berlangsung selama 24 tahun. Perang itu menjadi perang terbesar sekaligus paling terkenal antara kekaisaran Romawi dengan kerajaan Persia.

Perang itu dimulai dengan terbunuhnya Maurice, kaisar Romawi yang merupakan pelindung dan sekutu dekat Khusrou Parvis, raja Iran waktu itu. Setelah kematian ayahnya, putra Maurice lalu menemui Khusrou Parvis, dan meminta pertolongan untuk membalas dendam kepada Romawi yang telah mengakibatkan ayahnya tewas.

Khusrou Parvis memenuhi permintaan itu, dan ia mengirimkan pasukannya ke Romawi, dan perang pun dimulai. Dalam waktu singkat, beberapa kota di Romawi dapat ditaklukkan oleh pasukan Khusrou Parvis.

Menyaksikan hal itu, kaisar baru Romawi, Fukas, kemudian mengajak Khusrou Parvis untuk berunding. Namun, karena merasa dapat memenangkan pertempuran, Khusrou Parvis menolak ajakan berunding itu, dan perang pun kemudian berlangsung selama 24 tahun lamanya, dengan kemenangan yang terus berganti-ganti antara Iran dan Romawi.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 5211047610380290907

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item