Siapakah Mao Zedong?

Siapakah Mao Zedong? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/howstuffworks.com
Mao Zedong adalah pemimpin besar dan pendiri Partai Komunis Cina. Ia lahir pada 26 Desember 1893, dan memulai aktivitas politiknya pada 1921, ketika ia mendirikan Partai Komunis Cina bersama rekan-rekan yang memiliki haluan pikiran sama dengannya.

Dalam mengkampanyekan partainya tersebut, Mao mengedepankan nasib kaum agraris—para petani—dan hal itu menjadikannya cepat memperoleh dukungan besar dari rakyat di wilayah pedesaan.

Perjuangan Mao yang paling dikenang sejarah adalah ketika ia bersama 100 ribu pengikutnya menempuh long march dari wilayah Cina Selatan ke wilayah Cina Utara pada tahun 1934, demi menghindari konfrontasi dengan pasukan pemerintah. Dalam perjalanan panjang yang berlangsung selama satu tahun itu, lebih dari 60 ribu jiwa melayang.

Seusai Perang Dunia II, kaum komunis pimpinan Mao berhasil mengalahkan kaum nasionalis Cina pimpinan Chiang Kai-shek yang didukung oleh Barat. Pada tahun 1949, Mao mendirikan Republik Rakyat Cina (RRC), dan naik ke kursi kekuasaan.

Selama sekian tahun berkuasa, Mao berhasil menciptakan pemerintah pusat yang tangguh di Cina. Meski sama-sama beraliran komunisme, pemikiran Mao banyak berbeda dengan paham komunisme Karl Marx atau Lenin. Karena itu, ajaran komunisme gaya pendiri RRC itu pun lebih dikenal sebagai paham “Maoisme”. Mao Zedong meninggal dunia pada tahun 1976.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 8212719476707793870

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item