Siapa Penemu Air Conditioner?

Siapa Penemu Air Conditioner? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/kompas.com
Penemu AC (Air Conditioner) adalah Willis Haviland Carrier (1876-1950) dari New York, ketika ia berusia 25 tahun.

Pada mulanya, Carrier bekerja di sebuah perusahaan percetakan yang mengalami hambatan produksi karena warna yang dihasilkan sangat kacau, akibat kelembapan dan suhu yang menyebabkan kertas mengembang dan mengkerut.

Carrier berupaya mengatasi masalah itu dengan cara mengontrol kelembapan udara, dan itulah pertama kalinya Carrier menemukan prinsip kerja AC.

Pada tahun 1906, sebuah perusahaan pemintalan di Carolina mengalami masalah yang berbeda, yakni mengenai pengontrolan suhu mesin pemintal. Kumparan mesin berputar cepat hingga menjadi sangat panas dalam beberapa menit. Perusahaan itu lalu meminta Carrier untuk mengatasi suhu mesin yang terlampau tinggi tersebut, dan sejak itu Carrier semakin mengembangkan penemuannya.

Pada masa 20 tahun pertama, AC hanya digunakan untuk mendinginkan mesin-mesin di pabrik. Namun inovasinya kemudian berkembang hingga digunakan di hotel, rumah, bioskop, dan lain-lain.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 5884279226615554593

Posting Komentar

  1. Balasan
    1. Nggak tahu pasti ya, karena yang bersangkutan (sejauh yang kutahu) nggak pernah nyeritain dari mana inspirasinya. Tapi, sepertinya, tidak setiap ciptaan harus berawal dari inspirasi. Ada kalanya suatu ciptaan muncul karena kondisi yang memaksa, yang lalu memunculkan solusi. Kasus penemuan AC juga kayanya seperti itu.

      Hapus
    2. Nah ya itu, idenya sampe bkin kondisioner itu dari apa? Kan pasti ada tuh triggernya sampe bisa mikirin bikin ac-nya.

      Penasaran aja sih, biar tau cara berpikirnya jadi bisa dicontoh gitu, hehe... :D

      Hapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item