Apa Perbedaan Kambing dan Domba?

Apa Perbedaan Kambing dan Domba? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Perbedaan utama antara kambing dan domba ada pada bulu dan tanduknya, dan dua perbedaan itu yang paling mudah dikenali. Bulu kambing lurus, sedangkan bulu domba keriting. Tanduk kambing lurus atau agak melengkung ke belakang, sementara tanduk domba melengkung ke belakang dan berpilin.

Selain itu, domba lebih suka bergerombol dibanding kambing. Domba biasanya merumput pada pagi dan sore hari, sementara kambing merumput sepanjang hari.

Siklus birahi domba 16 sampai 17 hari, sedangkan kambing 19 sampai 21 hari. Lama birahi domba 30 jam, sementara kambing 24 sampai 36 jam. Birahi pertama domba terjadi pada umur 8 sampai 10 bulan, sedangkan kambing pada umur 10 sampai 12 bulan.

Perkawinan pertama domba terjadi pada umur 18 bulan, sementara kambing pada umur 10 sampai 12 bulan. Masa hamil domba berlangsung selama 141 sampai 159 hari, masa hamil kambing berlangsung selama 147 hari.

Ketika dimasak, daging kambing berwarna lebih merah, dan aromanya lebih tajam daripada daging domba. Daging kambing lebih enak dan gurih daripada daging domba, berkat perbandingan antara protein dan lemak yang tinggi, yaitu 1 banding 8. Lemak daging kambing juga lebih keras dan putih, dibandingkan dengan lemak daging domba.

Yang terakhir, kadar lemak jenuh (lemak yang tidak baik untuk kesehatan) pada daging kambing lebih rendah daripada kadar lemak jenuh pada daging domba. Hal terakhir itulah yang mungkin membuat harga domba lebih murah daripada harga kambing.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Hewan Darat 788183550296608691

Posting Komentar

  1. oke mas.. makasih ilmunya :)

    BalasHapus
  2. thanks mas, atas pengetahannya.
    sangat membantu untuk membuat tugas semester nih :D

    BalasHapus
  3. nambahin dikit mas brow,.. jumlah kromosomnya juga beda, sehingga tidak bisa disilangkan antara kambing dan domba. Intinya kambing dan domba Serupa tapi tak Sama.

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item