Adakah Makhluk yang Dapat Hidup Abadi?

Adakah Makhluk yang Dapat Hidup Abadi? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/pinterest.com
Jawabannya mungkin mengejutkan—ada. Di dunia fana ini, ternyata ada makhluk yang dapat hidup abadi. Makhluk itu bernama Turritopsis Nutricula.

Turritopsis Nutricula adalah sejenis ubur-ubur laut. Ukurannya kecil, hanya 4-5 milimeter. Ia berasal dari lautan Karibia yang hangat, tapi sekarang telah menyebar ke seluruh dunia, sampai Amerika, Italia, dan Jepang. Yang menakjubkan, dia bisa meregenerasi sel-sel tubuhnya, sehingga—secara biologis—tidak bisa mati.

Fakta menakjubkan itu diketahui setelah para ilmuwan meneliti penyebab terjadinya ledakan populasi ubur-ubur tersebut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 4.000 Turritopsis Nutricula, akhirnya disimpulkan bahwa ledakan populasi itu terjadi karena makhluk itu memang tidak bisa mati, meski terus beregenerasi. Mereka menegaskan bahwa Turritopsis Nutricula adalah satu-satunya biologi yang ditemukan dapat kembali dari tahap seksual dewasa ke tahap larva.

Umumnya, ubur-ubur akan mati setelah selesai bereproduksi, namun hal itu tidak terjadi dengan Turritopsis Nutricula. Setelah mencapai kematangan seksual, ia akan kembali ke tahap muda, dan kembali memulai suatu proses kehidupan yang lain, dan begitu terus-menerus.

Setelah dewasa dan kawin, ubur-ubur tersebut dapat memutar ulang kondisi biologisnya, meregenerasi seluruh selnya, dan menjadi muda lagi. Dalam sains, proses regenerasi sel semacam itu disebut transdiferensiasi (transdifferentiation).

Transdiferensiasi berarti sel yang mencapai tahap tertentu bisa berubah menjadi sel lain, yang lebih baru dan muda. Sama seperti salamander atau cicak yang bisa mengganti bagian tubuhnya yang rusak, ubur-ubur itu mampu meregenerasi seluruh sel tubuhnya menjadi muda kembali secara terus-menerus, sehingga mereka tak pernah tua dan tidak bisa mati secara biologis.

Tidak bisa mati secara biologis artinya tubuh dan sel-sel mereka bisa terus meregenerasi ulang fungsi-fungsi biologisnya, sehingga tidak mengalami penuaan. Tetapi, mereka tetap bisa mati karena faktor-faktor eksternal, misalnya karena dimangsa hewan lain, kerusakan lingkungan ekologis, dan semacamnya.

Turritopsis Nutricula termasuk Hydrozoa, yaitu semacam organisme pemangsa yang menjadikan mikroorganisme sebagai makanan utama. Mereka menggunakan metode perambatan vegetatif, dan banyak hidup di perairan tropis, juga dapat melekat pada kapal yang berlayar ke seluruh dunia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 4817334909243927124

Posting Komentar

  1. Baru ngeh ada makhluk yg tidak bisa mati.. hmm kalau dibunuh bisa gak? hehe.. salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makhluk di atas hanya "tidak mati secara biologis". Kalau dibunuh tentu saja makhluk itu akan mati. Salam kenal balik. :)

      Hapus
  2. wah, baru buka postingan ini setelah "ngoprek" ubur2 di Google.. ternyata masuk di halaman depan lho.. :D

    BalasHapus
  3. wow, telat banget ya taunya, hehe
    tp keren, nambah pengetahuan :D

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item