Apa Isi SMS Pertama di Dunia?

Apa Isi SMS Pertama di Dunia? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Semenjak tahun 1980-an, para ahli dalam bidang telekomunikasi seluler telah mulai mendiskusikan kemungkinan mengirim pesan teks melalui telepon seluler. Rencana itu akhirnya dimatangkan pada tahun 1985, setelah diskusi yang dipimpin J. Audestad memutuskan untuk menjadikan layanan pengiriman pesan teks (yang kemudian disebut SMS) menjadi salah satu fasilitas telepon seluler yang menggunakan sistem GSM.

Namun proses perwujudannya tidak mudah. Baru pada tahun 1992 rencana itu terwujud, dan SMS pertama di dunia dikirim pada tanggal 3 Desember 1992. SMS bersejarah itu dikirim oleh Neil Papwort kepada Richard Jarvis, menggunakan komputer dengan difasilitasi jaringan GSM milik operator telepon Vodafone. Isi teks dalam SMS pertama itu berbunyi, “Merry Christmas”.

Itu SMS pertama yang dikirim menggunakan komputer. Sementara SMS pertama yang dikirim menggunakan telepon seluler berbasis jaringan GSM diklaim dilakukan oleh mahasiswa teknik di perusahaan Nokia, bernama Riku Pihkonen. Sayangnya, dia sudah lupa apa isi SMS yang dikirimkannya tersebut.

Secara komersial, SMS (Short Message Service) diluncurkan di Los Angeles, oleh perusahaan Logica, pada Juni 1993. Bisnis itu kemudian diikuti oleh Telenor di Norwegia, dan BT Cellnet di Inggris pada tahun yang sama.

Pada waktu pertama kali dikembangkan, penggunaan SMS belum memasyarakat seperti sekarang. Waktu itu rata-rata pengguna telepon GSM hanya mengirimkan 0,4 SMS per bulan. Hal itu terjadi karena fasilitas pengiriman SMS yang masih sangat terbatas. Namun, dalam perjalanannya, SMS kemudian menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Lonjakan penggunaannya secara mengejutkan terjadi pada tahun 2000.

Di tahun 2000, rata-rata setiap pengguna telepon seluler GSM mengirimkan 35 SMS setiap bulan. Pada tahun 2006, keuntungan dari bisnis SMS yang diraih semua operator GSM di seluruh dunia mencapai 60 miliar dolar US. Harga rata-rata pengiriman SMS di dunia sebesar 0,11 dolar US. Di masa kini, SMS hampir menggantikan semua kebutuhan komunikasi—dari ucapan selamat ulang tahun, undangan perkawinan, sampai kabar kematian.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Peristiwa 2035063856089432674

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

item