Apa sih Karbon Radioaktif 14 itu?

Apa sih Karbon Radioaktif 14 itu? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/mystupidtheory.com
Karbon Radioaktif 14 atau Karbon-14, adalah isotop radioaktif karbon dengan inti yang mengandung 6 proton dan 8 neutron. Keberadaannya dalam bahan organik adalah dasar dari metode penanggalan radiokarbon untuk memperkirakan umur pada sampel-sampel arkeologi, geologi, dan hidrogeologi. Dengan keberadaannya, maka umur benda-benda arkeologi dapat ditentukan.

Karbon adalah salah satu unsur kimia yang dikandung setiap makhluk hidup dalam bentuk macam-macam bahan biokimia, dalam protein, karbohidrat, hormon, enzim, dan sebagainya.

Pada zaman dulu, ilmu kimia yang mempelajari bahan kimia berbasis karbon disebut kimia organik, karena dulu orang yakin bahwa satu-satunya tempat bagi bahan kimia tersebut adalah makhluk hidup. Namun sekarang telah diketahui bahwa kita dapat membuat segala macam bahan kimia organik berbasis karbon dari minyak bumi tanpa harus mengambilnya dari tumbuhan atau hewan.

Tetapi, karbon dalam makhluk hidup memiliki perbedaan penting dari karbon yang dikandung bahan-bahan bukan makhluk hidup—seperti batu bara, minyak bumi, dan mineral. Karbon dari makhluk hidup mengandung sejumlah kecil atom karbon jenis tertentu yang disebut Karbon-14, sedangkan karbon dari bukan makhluk hidup hanya mengandung atom-atom Karbon-12 dan Karbon-13.
Ketiga macam atom karbon yang berbeda tersebut dinamakan isotop karbon—mereka memiliki perilaku sama secara kimiawi, namun memiliki berat atau massa yang berbeda.

Karbon-14 memiliki keunikan tersendiri, karena selain massanya yang berbeda, karbon ini juga bersifat radioaktif, yakni tidak stabil dan cenderung melapuk, terpecah sambil menembakkan partikel-partikel subatom, yang disebut partikel-partikel beta.

Sebenarnya, Karbon-14 termasuk jenis tes radiometrik, tetapi ada karakteristik khusus yang membedakannya. Jika tes radiometerik yang lain hanya bisa digunakan untuk menentukan umur batuan vulkanik, Karbon-14 bisa digunakan untuk memperkirakan umur makhluk hidup, karena elemen radioaktif yang ditemukan di dalam makhluk hidup hanyalah karbon-14.

Karbon-14 ditemukan pada 27 Februari 1940 oleh Martin Kamen dan Sam Ruben dari Laboratorium Radiasi Universitas California, Berkeley, meskipun keberadaannya telah diduga sebelumnya oleh Franz Kurie pada tahun 1934.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Istilah Ilmiah 2148735268747653251

Posting Komentar

  1. Mohon informasi dimana kita bisa uji tes karbon dari sebuah benda. Alamat di bandung atau jakarta?

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item