Apa yang Dimaksud Pasir Bernyanyi?

Apa yang Dimaksud Pasir Bernyanyi? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Pasir bernyanyi (Singing sands) adalah daerah berpasir yang dapat menghasilkan suara atau lengkingan tertentu ketika ada orang berjalan di atasnya. Suara yang dihasilkannya bermacam-macam, begitu pula penjelasan atas keberadaannya.

Di Afghanistan, misalnya, ada pasir bernyanyi di wilayah Reg Ruwan yang dipercaya sebagai suara hantu manusia berkuda yang sedang memasang tapal kuda di gua bawah tanah. Sementara di Hawaii, ada pula pasir bernyanyi yang terdengar seperti lengkingan anjing, yang dipercaya masyarakat di sana sebagai tangisan orang-orang mati.

Pasir bernyanyi juga ada di pulau-pulau kecil di Inggris. Beberapa yang terkenal adalah Studland Bay di Dorset, Bamburgh di Northumberland, Fort Oer di North Wales, dan Eigg di Hebrides. Penyebab munculnya suara dari pasir itu tidak pernah bisa dijelaskan dengan memuaskan.

Namun, penjelasan rasional atas hal itu adalah terdesaknya udara bergerak yang mengisi ruang-ruang sempit di antara butiran-butiran pasir ketika orang berjalan di atasnya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 18952889595090714

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item